12 Sep 2019 13:45

Dinas Pendidikan Bagikan Masker di Sejumlah SMA

Dinas Pendidikan Bagikan Masker di Sejumlah SMA

Kaganga.com, Palembang - Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel hari ini, Kamis (12/9/2019) melakukan pembagian masker untuk para siswa di sejumlah sekolah. Pembagian masker ini untuk mencegah peserta didik agar tidak terkena berbagai penyakit yang mengancam terutama dalam kondisi udara di Sumsel yang saat ini selimuti kabut asap.  

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo menjelaskan, pembagaian masker ini bagian dari pencegahan agar anak didik tidak terkena penyakit.  tetapi, tidak semua sekolah bisa di bagikan masker karena stok masker yang terbatas. Untuk itu, dirinya meminta pihak sekolah untuk menyediakan masker bagi anak didik mereka.  

" Tidak semua sekolah kita bagikan masker karena stoknya tidak cukup, sementara catatan Disdik Sumsel untuk pelajar SMA di Sumsel ada sekitar 339 ribu orang. Kalau bisa kedepan pihak sekolah menyediakan masker ini untuk anak didiknya, Sekolah bisa menggunakan swadana menggunakan dana BOS untuk pengadaan masker," jelas Widodo, Kamis, (12/9/2019).  

Lanjut dia, selain menyediakan masker, ia juga menyarankan agar pihak sekolah selalu siap sedia Oksigen.

"UKS harus selalsu di siagakan, pihak sekolah harus berkoordinasi dengan Puskesmas setempat bila terjadi hal yang tidak di inginkan," ujarnya. 

Lanjut Widodo, pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran terkait arahan untuk sekolah saat kabut asap pekat. Terutama bagi daerah yang terkena Karhutla dan kabut asap yang pekat.

"Kami sudah mengeluarkan imbauan secara langsung kepada semua kepala sekolah untuk meniadakan kegiatan diluar kelas selama adanya kabut asap ini.   Ia mengatakan, karena hampir semua sekolah masih menerapkan jam masuk belajar dengan jam normalnya maka pihaknya mengeluarkan kebijakan baru tersebut. Karena pekatnya kabut asap ini, saya sudah minta agar semua kepala sekolah meniadakan dulu sementara kegiatan diluar kelas. Seperti upacara, senam, kegiatan olahraga, kegiatan ekstrakurikuler dan sebagainya," tukasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Disdik Sumsel Kabut Asap Palembang

Komentar