9 Sep 2019 18:00

Dinkes Ingatkan OPD dan Sekolah Siaga Kabut Asap

Dinkes Ingatkan OPD dan Sekolah Siaga Kabut Asap

Kaganga.com, Palembang - Beberapa hari ini kota Palembang mulai diselimuti kabut asap yang sangat pekat terutama pagi hari yang menyebabkan kondisi cuaca tidak sehat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan di kawasan OKI pastinya menjadi fokus setiap pihak. 

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia menyampaikan kepada seluruh OPD dan masyrakat agar melakukan langkah pencegahan dan pengendalian penyakit yang disebabkan asap. 

"Seperti menggunakan masker saat keluar rumah,  menghindari paparan kabut asap serta memakai kacamata menghindari mata perih,"kata letizia Senin (09/09/2019). 

Dinas Kesehatan kota Palembang telah mengeluarkan surat edaran kepada OPD terkait termasuk Puskesmas agar dapat mensosialisasikan kepada warga sekitar dan sekolah untuk mencegah dampak dari kabut asap.   "Surat himbauan sudah kami kelaluarkan, nantinya OPD yang akan memberikan informasi kepada masyarakat dan sekolah," terangnya. 

Bila terjadi peningkatan kabut asap Dinas terkait seperti Dinas pendidikan agar dapat meliburkan sekolah supaya tidak terjadi peningkatan kasus penyakit pernapasan. Menurutnya, jika tidak terlalu penting dihiindarkan beraktifitas diluar rumah terlalu lama, secara kesehatan asap tersebut jelas mengganggu.  "Melaksanakan perilaku hidup bersih mencuci tangan, perbanyak memimum air putih terutama anak anak serta menerapkan etika batuk ketika sakit," jelasnya. 

Terpisah, Kepala SMP Negeri 9 Palembang Hj Hastia menambahkan, sekolahnya sudah mengantisipasi dampak kabut asap kepada siswa-siswinya dengan menyediakan masker di sekolah. 

"Masker sudah kami sediakan di Koperasi dan UKS sejak 4 hari yang lalu untuk siswa-siswi, mereka dipersilahkan untuk ambil dan pakai masker. Karena 2 hari ini kabut asap memang cukup pekat pada pagi hari," bebernya  

Ditanya soal himbauan dari Dinkes dan Puskesmas, ia mengaku belum menerima. Untuk itu ia akan berkoordinasi dengan sekolah lain.  "Yang penting kita sudah antisipasi dampaknya, karena kita lokasinya tak terlalu parah kabutnya jadi kemungkinan untuk meliburkan sekolah kecil," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Dinkes Palembang Sumsel Kabut Asap

Komentar