17 Mei 2017 15:10 | 17

Dispenda ME Jemput Bola Pendataan Pembayaran PBB

Dispenda ME Jemput Bola Pendataan Pembayaran PBB

Kaganga.com, Muara Enim - Untuk memaksimalkan pendapatan, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Muara Enim, melakukan jemput bola pendataan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Layanan tersebut dilakukan dalam bentuk door to door di beberapa titik strategis di wilayah Kecamatan Muara Enim.

Pelayanan door to door dibentuk empat tim yakni Kelurahan Pasar 1, Kelurahan Pasar II, Kelurahan Pasar III dan Kelurahan Air Lingtang.

Kepala UPTD Dispenda Muara Enim Jon, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pajak daerah dari sektor PBB. Serta memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Jadi masyarakat mendapatkan kemudahan untuk mengurus pendataan pembayaran PBB. Kalau belum terdata akan didata dan bagi yang sudah terdata akan didata ulang," ujarnya, Rabu (17/5).

Lanjutnya, ia mengimbau agar masyarakat tidak lupa membayar PBB. Pemkab Muara Enim dalam hal ini, kata dia, Dispenda telah melakukan berbagai cara agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi dalam membayar pajak. Diantaranya, memberikan surat himbauan kepada masyarakat melalui ketua RT atau RW setempat.

Lebih jauh Jon menjelaskan, Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sudah disampaikan. Namun, hingga pertengahan bulan Mei masih ada masyarakat yang belum menerima SPPT PBB tersebut.

"Kendala dilapangan hingga saat ini masih banyak masyarakat belum menerima SPPT PBB tersebut," jelasnya.

Hal itu terungkap dari hasil evaluasi ada masyarakat yang langsung datang dan menyebutkan belum menerima SPPT PBB. Tentunya hal itu menjadi masukan. "Seharusnya masyarakat sudah menerima SPPT PBB. Sehingga bisa dilakukan pembayaran secepatnya dan kita menghimbau kepada ketua rukun tetangga (RT) untuk menyampaikan SPPT kepada masyarakat," pungkasnya.

Penulis : Satria Nugroho
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pajak Dispenda Muara Enim

Komentar