9 Okt 2019 18:35

Gubernur Bakal Bikin Pergub Tentang "Tunu"

Gubernur Bakal Bikin Pergub Tentang

Kaganga.com, Palembang - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan sejauh ini didominasi oleh faktor manusia. Artinya, Karhutla banyak di sebabkan oleh pembakaran lahan oleh manusia. Oleh karena itu, Gubernur Provinsi Sumsel H Herman Deru berencana akan membuat peraturan Gubernur (Pergub) terkait pembakar lahan ini.

"Saya ingin buat Pergub soal tunu (Pembakar Lahan) ini, tapi harus ada penanggung jawabnya juga," kata Herman Deru di Griya Agung, Rabu (09/10).

Lanjut Gubenur, selama ini masih ada batas toleransi Tunu (pembakar lahan). Untuk itu ia menegaskan saat ini tidak akan ada lagi toleransi tersebut dan akan sangat tidak mengizinkan adanya Tunu.

"Pergub bukan hanya sekedar kewajiban-kewajiban masyarakat saja tapi pemerintah juga. Misal masyarakat tidak boleh melakukan pembukaan lahan dengan cara tunu atau pembakaran. Untuk itu saya tegaskan ketika pergub ini selesai tidak ada lagi toleransi," tegasnya.

Akan tetapi menurutnya setelah pergub ini turun, pemerintah juga akan membantu petani untuk agar tidak membakar lahan lagi, misalnya dengan menyediakan alat tebas atau alat lainya untuk membuka lahan.

"Untuk itu perlu kesadaran semua pihak, baik dari masyarakat, koperasi dan lain-lain. Kalau bisa karhutla ini ditiadakan, cuma ini kan harus ada sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan pembiayaan," tukasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : karhutlah

Komentar