20 Mar 2019 19:05

Harnojoyo Minta PT.PUSRI Realisasikan Pompanisasi Sungai Buah

Harnojoyo Minta PT.PUSRI Realisasikan Pompanisasi Sungai Buah

Kaganga.com, Palembang - Wali Kota Palembang, Harnojoyo meminta PT Pusri untuk segera merealisasikan pembangunan pompanisasi di Muara Sungai Buah, guna mengatasi genangan air dan banjir setiap kali hujan deras.

“PT Pusri harus segera terealisasi pembangunan pompanisasi muara Sungai Buah, karena ini sifatnya sudah mendesak,” kata Harnojoyo, Rabu (20/3/2019).

Informasi yang diterima Harnojoyo, saat ini pihak perusahaan sedang menyiapkan Detail Engineering Desain (DED).

“Pembangunan rumah pompa di muara Sungai Buah adalah salah satu solusi. Karena muaranya ada di area Pusri, kita berharap mereka dapat membantu dengan membuat rumah pompa,” jelasnya.

Jika dilihat dari besaran kebutuhan rumah pompa di muara Sungai Buah ini, bisa diperkirakan dengan luasan satu pertiga dari pompa Sungai Bendung. Artinya daya sedot pompa 12.000 liter perdetik dengan kebutuhan lahan sekitar 1.000 hektar.

“Mudah-mudahan Pusri bisa cepat membuat pompanisasi, sehingga akan sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat yang berada di aliran Sungai Buah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, atas nama pemerintah dan masyarakat, mengucapkan terima kasih kepada Pusri yang telah memberikan jawaban terkait rencana pembangunan rumah pompa di muara sungai Buah yang akan dilakukan perusahaan pupuk terbesar di Sumatera tersebut.

“Inilah salah satu penyelesaian untuk menjawab genangan air dan banjir yang terjadi di Sungai Buah ini,” tukasnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT Pusri, Hernawan mengatakan, Pusri siap membantu program Walikota dalam mengatasi banjir yang selama ini terjadi di wilayah sepanjang Daerah Alirah Sungai (DAS) Sungai Buah.

“Kita sedang siapkan bersama PU untuk dipersentasikan ke Wali Kota, karena siapa tahu nanti desain kami ini ada yang kurang,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, Ahmad Bastari mengatakan, saat ini Pusri sedang menyelesaikan desain rumah pompa yang akan dibangun. “Mereka lagi finalkan desainnya, dimana setelah rapat internal, baru nanti mereka akan membawa desainnya untuk dipaparkan ke walikota,” terangnya.

Saat ini PU tidak bisa masuk terlalu jauh terkait rencana pembangunan pompanisasi yang akan dilaksanakan PT Pusri. Tapi, Bastari melihat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut melalui tenaga teknik sipil yang dimiliki, sedang menghitung besaran kebutuhan pompanisasi yang akan dibangun.

“Kita hanya bisa memberikan masukan, karena mereka memiliki tenaga teknik sipil sendiri,” tukasnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PT Pusri pemkot palembang

Komentar