17 Mei 2017 15:05 | 16

Investasi Harus Dijamin Dengan Keamanan

Investasi Harus Dijamin Dengan Keamanan

Kaganga.com, Muara Enim - Perkembangan suatu daerah bisa dilakukan dari beberapa hal, salah satunya adalah investasi yang masuk kesuatu daerah. Namun, investasi sendiri membutuhkan satu jaminan keamanan.

Dari itu, Wakil Bupati Muara Enim, Nurul Aman berharap, jaminan keamanan bagi para investor harus menjadi perhatian penting yang tidak bisa dianggap remeh.

Hal ini terungkap dalam dambutan Wabup Nurul Aman saat membuka, Koordinasi dan Kerjasama di Bidang Penanaman Modal dengan Instansi Pemerintah dan Dunia Usaha yang digelar di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Rabu (17/5).

Kegiatan yang diperakatsai ileh Dinas Penanaman Modal PTSP dan Badan Koordinasi penanaman modal daerah (BKPMD) Muara Enim ini bertujuan membahas kepastian hukum dan keamanan untuk menciptakan iklim berinvestasi yang sehat di Bumi Serasan Sekundang.

Dalam sambutannya, Wabup Nurul Aman mengatakan, sosialisasi ini merupakan acuan untuk berkoordinasi dalam pelaksanaan tugas masing-masing antara kepolisian dan Badan Penanaman Modal kaitannya
dalam perlindungan dunia usaha untuk mendukung investasi

"Forum ini mengingatkan begitu pentingnya perlindungan investor, tujuan forum ini digelar untuk melakukan sosialisasi bentuk sinergitas antara pihak BKPM dan Kepolisian untuk menjamin keamanan investor,"kata Wabup.

Dijelaskan, koordinasi dan Kerjasama di Bidang Penanaman Modal dengan Instansi Pemerintah dan Dunia Usaha merupakan tindak lanjut dari Mou antara BKPM dan Polri yang sepakat mendukung iklim investasi Indonesia

Menurutnya, jaminan keamanan investasi penting bagi investor agar mereka merasa aman dan nyaman saat menanamkan investasinya. Untuk itu, Wabup berharap, melalui investor forum yang digagas BKPM dan Polri ini dapat mendorong jaminan keamanan investasi dengan harapan arus investasi yang masuk ke daerah bisa lebih maksimal.

"Mudah-mudahan dengan terwujudnya perlindugan dunia usaha akan mendukung dunia investasi di Muara Enim lebih baik lagi,"ucapnya

Sementara Kepala Ombudsman Provinsi Sumsel, Indra Zuardi menegaskan koordinasi dan Kerjasama di Bidang Penanaman Modal dengan Instansi Pemerintah dan Dunia Usaha sangat penting guna mengetahui sejumlah persoalan penghambat investasi.

Menurut Indra, ada beberapa persoalan yang merusak iklim investasi salah satunya datang dari pelaku pengusaha yang sering kedapatan melalaikan sejumlah aturan.

"Artinya kalau mereka (pengusaha) sudah mematuhi prosedur berinvestasi secara normatif maka itu harus didukung, kalau tidak ini hal ini bisa jadi temuan, misalnya pengusahaa menggunakan TKI ilegal dan sebagainya,"ungkapnya

Indra menegaskan, persoalan tenaga asing ilegal harus menjadi perhatian serius pada stakeholder terkait supaya ditindak. "Sebab hal ini tentu sangat merugikan masyarakat didaerah setempat, seperti masyarakat Muara Enim harus dilibatkan seiring banyak investasi disini yang masuk,"pungkasnya.

Penulis : Satria Nugroho
Editor : Riki Okta Putra

Tag : muara enim investasi

Komentar