11 Jan 2018 23:10 | 39

Jadi Kontestan Pilkada Serentak, ASN Harus Berhenti

Jadi Kontestan Pilkada Serentak, ASN Harus Berhenti


Kaganga.com, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menegaskan bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama di lingkungan Pemprov Sumsel yang ingin mencalonkan diri menjadi kepala daerah harus mengajukan surat pemberhentian sebagai ASN.

“ASN yang akan mencalonkan diri harus berhenti,” kata Alex.

Saat Pilkada serentak pada tahun ini Alex menghimbau agar ASN agar tetap netral.

“Harus netral (ASN), tidak boleh tidak netral. Himbauan tidak boleh sudah dari dulu,” ungkap Alex.

Salah satu pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel yang kini mencalonkan diri menjadi Bakal Calon Bupati Banyuasin Agus Yudiantoro mengatakan saat ini masih tercatat sebagai ASN di lingkungan Pemprov Sumsel, tepatnya sebagai Kepala Dinas Perindustrian Sumsel.

Ia menyebutkan menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), untuk ASN yang mendaftar sebagai bakal calon bupati sampai ditetapkan sebagai Calon Bupati oleh KPU, belum berhenti atau pensiun .

“Setelah ditetapkan, baru mengajukan pensiun dini tenggang waktu 60 hari,” kata dia, ia mengatakan Agus memiliki masa kerja 9 tahun lagi di lingkungan Pemprov Sumsel.

Selain Agus, nama pejabat lainnya juga akan mencalonkan diri yakni Maulan Aklil yang kini menjabat sebagai Dinas perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel yang akan mencalonkan diri di Pangkal Pinang serta Syamsul Bahri yang merupakan mantan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumsel yang akan mencalonkan diri di Kabupaten Muara Enim.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel Muzakir sementara ini yang sudah mengajukan pengunduran diri adalah Syamsul Bahri, Kadis PSDA Provinsi Sumsel. Sementara Agus Yudiantoro dan Maulan Aklil ia mengaku belum mendengar akan mencalonkan diri.

“Pak Syamsul sudah (berhenti). Agus sampai sekarang belum, Maulan juga belum. Baru Syamsul Bahri yang mengajukan pemberhentian,” kata Muzakir.

Muzakir pula menghimbau kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Sumsel agar mengajukan pemberhentian dari ASN jika ingin maju di Pemilihan Kepala Daerah.

“BKD menghimbau kepada yang maju segeralah menyelesaikan adminstrasi kepegawaiannya. Segera mengundurkan diri dari PNS jika sudah ditetapkan sebagai calon kepala daerah maupun wakil, sesuai dengan Undang-Undang ASN,” katanya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : ASN Pilkada

Komentar