7 Des 2017 12:15 | 47

Jelang Akhir Tahun, Pekerjaan Masih Menumpuk

Jelang Akhir Tahun, Pekerjaan Masih  Menumpuk

Kaganga.com, Muara Enim - Sekretaris Daerah Pemkab Muara Enim, Ir H Hasanudin menyesalkan program kerja yang dijalankan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjelang akhir tahun masih banyak menumpuk. Kondisi itu i dapat mengancam penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tidak maksimal atau tidak mencapai target.

Program yang dijalankan OPD banyak terkonsentrasi diakhir triwulan, sehingga memungkinkan terganggunya proses penyerapan anggaran. Padahal, program kerja diakhir tahun sangat beresiko karena mesti dijalankan segera mungkin dalam waktu singkat.

“ini kembali jadi evaluasi kita karena kegiatan program masih banyak menumpuk diakhir tahun, padahal jika dicermati ini cukup beresiko terganggunya penyerapan anggaran karena dijalan diwaktu-waktu krusial"kata Sekda diwawancarai, Kamis (7/12).

Dia  mengimbau agar seluruh OPD fokus dan segera mengajukan tagihan kepada rekanan sesuai dengan kegiatan fisik maupun non fisik yang telah dijalankan. Selain itu, Sekda juga meminta OPD kembali tertib dan disiplin supaya pencairan dapat sesuai tahapan dan termin yang ditetapkan.

"Jika sesuai tahapan kan bisa tau dan segera dievaluasi, berapa anggaran total yang diserap maupun batal terserap,"ujarnya

Meski begitu, pihaknya mengaku tetap optimis target penyerapan APBD Muara Enim tahun 2017 sesuai target yakni 85 persen. Namun, Sekda belum mau mengungkap berapa persen anggaran yang sudah berhasil terealisasi. 

"Proses penyerapan APBD masih berjalan, kalau target kita 85 persen, tapi mudah-mudahan bisa capai 90 persen,"ungkapnya

Dia  mengakui capaian penyerapan APBD akan ditentukan diminggu-minggu bulan Desember ini. Dia memprediksi proses penyerapan anggaran akan maksimal diakhir tahun karena proses pencairan akan lebih diramai dibulan-bulan biasanya.

"Jadi kita sangat berharap diminggu-minggu terakhir bulan ini, OPD akan berlomba-lomba mencairkan kepada rekanan, namun ini pastinya akan membuat repot pihak Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah," pungkasnya.

Penulis : Achmad Fadhil
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara ENim

Komentar