8 Nov 2019 19:55

Kabupaten Kota di Sumsel Hanya Dapat Jatah 500 Blangko E-KTP Per Bulan

Kabupaten Kota di Sumsel Hanya Dapat Jatah 500 Blangko E-KTP Per Bulan

Kaganga.com, Palembang - Menurut surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri pada 26 Agustus 2019 lalu mengenai krisis blangko KTP-el lantaran Kementrian Keuangan menolak pengajuan tambahan anggaran untuk empat juta blangko. Hal ini berdampak juga pada pengurangan dalam pembagian Blangko KTP-el.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumsel, Herfiansyah Djarab menuturkan, kondisi krisis blangko e-KTP bukan hanya dialami Sumsel, melainkan juga provinsi yang lain di Indonesia. Di Sumsel sendiri, kata dia, hal itu sudah terjadi sejak Agustus 2019 lalu.

"Kita juga mendapat pembatasan blangko e-KTP. Pembatasan ini dari pusat. Biasanya kita mendapat ribuan blangko dalam satu bulannya untuk tiap kabupaten/kota, tapi sekarang hanya dijatahi 500 keping perbulan untuk masing-masing kabupaten/kota di Sumsel. Jumlahnya jauh berbeda," terangnya saat di temui, Jumat (8/11).

Menurutnya, Kemendagri seharusnya memperbolehkan Disdukcapil di daerah mencetak blangko KTP-el sendiri. Pasalnya, hampir setiap hari banyak permintaan dari masyarakat untuk mencetak kartu penduduk.

“Mungkin solusinya itu di daerah harus dilakukan pengadaan sendiri,” singkatnya.

Saat ini, masyarakat di Sumsel yang sudah melakukan perekaman KTP-el ada 5.882.034 atau sekitar 99,82 persen dari wajib KTP-el di Sumsel yang mencapai 5.892.508.

“Yang paling banyak melakukan perekaman KTP-el itu Kota Palembang dengan 1.216.799 penduduk. Sedangkan yang terendah itu Kora Pagar Alam yang hanya 105.857 penduduk saja,” jelasnya

Atas krisis blangko e-KTP ini, kata dia, ia berharap agar masyarakat memahami dan mengerti untuk sadar atas keterbatasan ini. “Harapan kami masyarakat bisa bersabar jika belum mendapatkan e-KTP,” ucapnya. Pihaknya pun sudah meminta kepada tiap daerah untuk memprioritaskan pencetakan e-KTP untuk perekaman baru.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : E-KTP Blangko

Komentar