9 Jul 2020 17:05

Kemenkes Tetapkan Standar Harga Rapid Tes, RS Siloam Minta Waktu Penyesuaian Tarif

Kemenkes Tetapkan Standar Harga Rapid Tes, RS Siloam Minta Waktu Penyesuaian Tarif

Kaganga.com, Palembang - Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (RI) telah menetapkan standar tarif Rapid Test yakni sebesar Rp 150.000. dengan ditetapkanya standar harga tersebut, selayanya semua rumah sakit yang di Indonesia yang melayani Rapid tes juga menetapkan standar harga tersebut.  

Namun nampaknya standar tarif yang di tetapkan Kemenkes ini belum banyak di berlakukan Rumah Sakit terutama di Kota Palembang. Seperti RS Siloam Palembang nampaknya masih butuh waktu agar bisa menerapkan standar Tarif yang di tetapkan Kemenskes.  

Direktur RS Siloam Palembang, Bona Fernando mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih memberlakukan pelayanan rapid test dengan biaya berkisar Rp300.000.

Diakuinya, hal itu bukan karena tidak mengikuti surat edaran atau intruksi dari Kementerian Kesehatan namun banyak faktor lain. 

"Per hari ini masih (berlakukan tarif rapid test yang lama). Tapi ini bukannya kami tidak menghiraukan surat edaran, kami sedang berupaya untuk bisa mendapatkan rapid test buatan lokal tersebut supaya bisa segera mengikuti aturan Kemenkes," kata dia, Kamis (9/7).  

Bona menjelaskan, RS Siloam Palembang pasti akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengikuti aturan Kemenkes. Namun, memang membutuhkan waktu. 

"Kami butuh waktu. Rapid test buatan lokal yang harganya lebih murah saat ini belum bisa kami dapatkan karena memang produksinya belum banyak," tandasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pemprov Sumsel

Komentar