9 Jul 2020 14:05

Kuatkan Sistem Pencegahan Aset, KPK Bantu Pemda Tingkatkan PAD

Kuatkan Sistem Pencegahan Aset, KPK Bantu Pemda Tingkatkan PAD

Kaganga.com, Palembang - Komisi Pemberantasan Korupsi RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel menggelar rapat evaluasi program pemberantasan korupsi terintegrasi dan kesepakatan pemanfaatan aset antara Pemerintah Daerah dengan PT Pertamina (Persero). Kegiatan ini dibuka secara Iangsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru.  

Dalam kesempatan itu, Ketua KPK RI, Firli Bahuri menjelaskan jika saat ini KPK telah membangun sistem pencegahan hilangnya Aset milik Pemerintah Daerah yang notabenya juga merupakan aset negara.  

"KPK kini telah menjalankan tiga sistem pencegahan, pertama di dalam penguatan aparatur pemerintah, kedua pengawasan pengelolaan dana desa, dan terakhir pengawasan Aset Pemerintah," terang Firly ketika Jumpa Pers usai Rapat tersebut, Kamis (9/7/2020).  

Bahkan, Lanjut Firly, KPK mengajak kepada semua kepala daerah di Sumsel agar mengelola aset daerah dengan baik dan tidak menyalahgunakan wewenang daIam penggunaan anggaran terutama selama covid-19.  

"KPK juga akan membantu pemerintah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melindungi aset Pemda jangan sampai aset itu hilang bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah Kedepanya jika Aset ini di manfaatkan dengan baik," pungkasnya.  

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi KPK yang telah menginisiasi terlaksananya kesepakatan pemanfaatan aset pemda.

la berharap bahwa KPK akan terus memberikan solusi agar aset-aset ini dapat terus termanfaatkan tidak hanya bagi pemerintah daerah tersebut tetapi juga bagi masyarakat.  

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada instansi terkait yang juga memberikan masukan daIam pengelolaan aset. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat terbentuk semangat baru untuk mengelola Iahan yang belum produktif dengan optimal untuk kesejahteraan masyarakat,“ ungkapnya.  

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan kesepakatan pemanfaatan aset antara Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, Pemkot Prabumulih dan Pemkab Banyuasin dengan PT Pertamina (Persero) yang dilakukan oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru, Walikota Palembang, Harnojoyo, Walikota Prabumulih. Ridho Yahya, Bupati Banyuasin, Askolani Jasi, dan juga Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pemprov Sumsel

Komentar