8 Apr 2021 11:45

Kurang Lebih 9 Miliar, PT GSJ Tunggak Gaji Karyawan Sebanyak 197 Orang

Kurang Lebih 9 Miliar, PT GSJ Tunggak Gaji Karyawan Sebanyak 197 Orang
PT GSJ Tunggak Gaji Karyawan Selama 10 Bulan

Kaganga.com,Palembang - Lantaran tidak diberikan gaji selama 10 bulan, Ratusan pegawai PT Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan melakukan aksi mogok kerja,Kamis (08/04/2021).

Ketua Serikat Pekerja Jakabaring Sport City (SPJSC) Hardi mengatakan, 10 bulan gaji yang tak dibayar itu berlangsung pada 2019 lalu. Namun, sampai sekarang manajemen PT JSC tak kunjung memberikan kejelasan soal keterlambatan gaji tersebut. 

"Totalnya kurang lebih Rp 9 miliar untuk 197 pekerja yan belum dibayar," kata Hardi ketika di temui saat aksi mogok kerja di depan halaman Jakabaring yang di gelar dari jam 07:30 hingga 10:00 wib 

Mereka sempat melakukan mediasi sebelum menggelar aksi. Namun antara para pegawai dan pihak manajemen tak menemukan titik terang. Namun menurutnya PT JSC beralasan jika saat ini mereka sedang mengalami kesulitan keuangan sehingga tak bisa membayar gaji para karyawan. 

"Mereka beralasan menunggu uang dari penyertaan modal perusahaan, tapi itu hanya janji sampai sekarang pun belum dibayar,"ungkapnya.

Jika tuntutan para karyawan tak dipenuhi, mereka mengancam akan melakukan aksi selama satu bulan. Aksi itu sebagai bentuk protes mereka atas tindakan manajemen yang tak kunjung membayar gaji mereka. 

"Kami juga melaporkan kejadian ini ke Dinas Ketenagakerjaan. Kami akan mogok kerja selama sebulan jika tak kunjung ditanggapi,"tegasnya. 

Sementara, Direktur PT JSC Maina Paloh mengatakan, ia masuk ke dalam manajemen pada 2018 lalu pasca Asian Games. Saat itu pendapatan PT JSC menurun sehingga terjadinya penunggakan gaji para karyawan. 

"Tahun 2019 kemarin karyawan kita bayar tapi tidak full karena harus bayar listrik dan lain-lain. Tapi 2020 semuanya dibayar full,"kata Meina ketika di hubungi melalui whatsup

Bahkan ia mengakui sebelum para karyawannya itu demo mogok kerja, ia sempat bertemu dan melakukan mediasi soal pembayaran gaji tersebut.  Namun para karyawan masih tetap hendak melakukan aksi.

"Saya sudah katakan bulan ini gaji mereka pasti dibayar tapi mereka tetap mau aksi mogok kerja"pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni

Tag : PT Jakabaring Sport Meina Paloh

Komentar