16 Apr 2019 22:50

MenHub : LRT Terus di Evaluasi

MenHub : LRT Terus di Evaluasi

Kaganga.com, Palembang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali sambangi Provinsi Sumsel untuk memastikan jalanya pengoprasian LRT berjalan dengan baik. Untuk itu, dirinya melakukan Rapat Evaluasi Integrasi LRT dengan Angkutan Multimoda yang lainnya di Kantor Balai LRT.

Menurutnya, secara bertahap evaluasi terhadap semua yang telah di lakukan terhadap LRT sudah di lakukan. Ada perangkat-perangkat yang terus di uji coba agar performa LRT semakin membaik.

"LRT terus di maksimalkan performanya, agar kedepanya bisa mengurangi jarak tempuh dari stasiun bandara menuju stasiun akhir," kata Budi saat memberikan penjelasan kepada Wartawan, Selasa (16/4).

Lanjut dia, Kalau yang selama ini jarak tempuh dari DJKA-Bandara satu jam, kedepan harapanya bisa menjadi 45 menit. Sedangkan untuk headway 24 menit, maka kedepan harapanya total waktu tempuh plus headway itu bisa satu jam saja.

"Jarak tempuh yang lebih cepat merupakan ekspetasi dari masyarakat. Jadi kita akan maksimalkan ini agar jarak tempuh bisa berkurang dari 1 jam," ungkapnya.

Kemudian terkait integrasi LRT dengan angkutan multimoda maka Budi Karya akan memintak Walikota untuk mengintegrasikan angkutan LRT dan angkutan kota tidak boleh redundant. Karena lintasan yang ideal tidak boleh sejajar tapi tegak lurus, sehingga saling melengkapi.

"Ini tidak bisa dipisakan, sebab kehadiran LRT ini diharapakan bisa membantu angkutan-angkutan yang ada. Jadi kita harus pastikan LRT bisa memberikan suatu makna terutama berkaitan dengan kemacetan dan bertambah baiknya udara di palembang," tegasnya.

Akan terapi tambah Budi, sampai saat ini peminat LRT masih rendah. Masyarakat masih banyak menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan darat. Jadi masih terlihat kondisi di jalan yang macet seperti di jalan Jendral Soedirman.

"Perlu rekrontusi lintasan-lintasan transportasi yang ada, sehingga LRT bisa jadi angkutan utama dan angkutan - angkutan lain hanya sebagai Suport," tukasnya.

Setelah itu Menhub menuju Pondok Pesantren Ar Rahman di Tegal Binangun untuk menghadiri Istighosah dan Zikir Bersama dilanjutkan Sosialisasi dan Promosi LRT Sumsel. Kemudian dilanjutkan ke Pondok Pesantren Sabilul Hasanah di Banyuasin yang didampingi Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : LRT Menteri Perhubungan

Komentar