8 Jan 2020 19:35

Mentan Tawari Sumsel Ekspor 100 Ribu Ton Daging Pertahun

Mentan Tawari Sumsel Ekspor 100 Ribu Ton Daging Pertahun

Kaganga.com, Jakarta -  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendapatkan tantangan dari mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Tantangan tersebut yaksi Sumsel di berikan penawaran untuk bisa Ekspor Daging Sapi sebanyak 100 ribu ton. 


Hal ini di sampaika Gubermur Sumsel Herman Deru  ketika berkunjung ke kediaman dinas Menteri Pertanian , Komplek Widya Candra, Jakarta. 

Dalam pertemuan tersebut,  Gubernur Herman Deru mengungkapkan provinsi Sumsel mendapatkan tawaran untuk mengekspor daging sapi. "Sumsel selain sebagai pengekspor beras,  juga menjadi pengekspor daging sapi dengan kuota 100 ribu ton per tahun", imbuhnya," terang Deru, Rabu (8/1). 


Hal tersebut menurut Deru merupakan peluang yang  harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Karena Sumsel memiliki potensi yang besar di bidang pertanian dan peternakan, sesuai visi misi pemerintahan HDMY dalam memimpin Sumsel.  "Untuk ekspor pangan,  ini kita ada tambahan lagi dengan pemilahan komoditas seperti jagung dan kedelai", ujarnya. 


Pada kesempatan itu,  Deru mengharapkan agar Menteri Pertanian dapat turut andil dan berperan nyata membantu pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Sumsel,  terlebih lagi Deru bertekad untuk mengubah sistem pertanian konvensional ke pertanian modern,  sebagai salah satu program andalan untuk menekan angka kemiskinan di Sumsel.  


Tidak hanya berkonsentrasi pada pertanian sawah, di sektor pertanian perkebunan kopi,  Deru pun telah memfokuskan dan memusatkannya di Pagaralam.  "Kepada pak Menteri juga kita tadi mohonkan bantuan agar ada sertifikasi untuk membantu para petani kopi.  Apalagi dengan adanya kopi jenis baru,  kopi Basemah", imbuhnya. 


Di tempat yang  sama,  Menteri Syahrul  Yasin Limpo mengatakan pihaknya mendukung program yang  dilaksanakan Gubernur Herman Deru. "Prinsip,  secara kebijakan Kementerian Pertanian siap mendukung pengembangan pertanian  dan peternakan di Sumsel", terangnya. 


Sedangkan untuk pengembangan peternakan di mana Sumsel memperoleh penawaran sebagai provinsi pengekspor daging, ia meminta agar Gubernur Herman Deru menyediakan lahan yang lebih besar untuk keperluan pengembangan dan  penelitian. "Kita berharap agar strategi pengembangan peternakan dan tanaman pangan di Sumsel bisa berjalan dengan baik", singkatnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Pemprov Sumsel Mentan RI

Komentar