28 Jun 2020 22:00

Minimalisir Kerumunan, Wawako Palembang Imbau Warga Urus Perizinan di MPP

Minimalisir Kerumunan, Wawako Palembang Imbau Warga Urus Perizinan di MPP

Kaganga.com,Palembang - Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mengharapkan kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di area Kompleks Dekranasda Jakabaring bisa dimanfaatkan masyarakat secara maksimal.

Setidaknya ada 25 layanan publik yang tersedia dalam satu gedung sehingga masyarakat yang perlu mengurus beberapa dokumen tidak perlu bolak-balik.

"Semua layanan yang dibutuhkan masyarakat ada di sini, mulai dari konsultasi PLN, Dukcapil, perizinan dan kesehatan. Ini bisa sangat menolong warga, terlebih untuk menghindari resiko penularan Covid-19 ketika berdesakan di tempat pelayanan yang lain," katanya.

Fitri sengaja datang untuk memeriksa sistem keamanan Mal Pelayanan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan (PDPK). Setelah di pantau lokasi tempat sangat luas dan beragam fasilitas seperti tempat bermain anak, Indomaret, perpustakaan dan layanan klinik apabila tiba tiba pengunjung ada yang sakit.

"Kita sudah periksa kondisi sesuai dengan SOP protokol kesehatan. Makanya lebih baik masyarakat mengurus apapun mulai sekarang kesini saja," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika MPP juga menyediakan layanan konsultasi online yang bisa dimanfaatkan guna mengurangi interaksi tatap muka. "Kita memang membatasi pertemuan, tapi layanan harus tetap jalan. Kalaupun sudah datang tetap kita layani walaupun kami selalu arahkan untuk layanan online," ujarnya.

Selama meninjau MPP, beberapa catatan layanan publik yang harus segera dilengkapi diantaranya soal urusan Adminduk Dukcapil. Sebab, sejauh ini proses pencetakan e-KTP di MPP belum bisa dilakukan.

"Alatnya sudah ada tinggal persoalan izin saja, nanti saya akan segera telpon Kepala Dukcapil agar ini bisa di proses sehingga warga yang sudah datang ke MPP tidak perlu lagi harus ke Kantor Dukcapil," tegasnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Palembang, Ahmad Mustain menjelaskan, selama pandemi ini pihaknya membuka layanan konsultasi online, pelayanan OSS juga dilakukan lewat Zoom serta beberapa jenis perizinan kita berikan perpanjangan secara otomatis hingga Agustus tanpa menyertakan berkas.

"Mereka cukup akses internet untuk memperpanjang dan tanda tangan digital kemudian penerbitan izinnya akan kita kirim melalui email," jelasnya.

Mustain memastikan seluruh proses pelayanan tetap berjalan seperti biasa, masyarakat tidak perlu khawatir karena pihaknya menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pemkot palembang

Komentar