18 Apr 2017 16:10 | 124

Mobil Samsat Keliling Permudah Masyarakat Muara Enim

Mobil Samsat Keliling Permudah Masyarakat Muara Enim

Kaganga.com, Muara Enim - Sekarang masyarakat yang akan melaksanakan kewajibannya berupa pembayaran pajak tahunan kendaraan tidak lagi perlu bersusah payah mengantri dan memerlukan waktu yang lama. Pasalnya, melalui mobil Samsat keliling, warga diberikan pelayanan yang mudah dan cepat.

Selain tidak memerlukan waktu yang lama, petugas juga meberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membayar secara kolektif dan dipersilakan untuk mengusulkan tempat atau daerah mana yang nantinya akan didatangi petugas.

"Selain mempermudah, petugas juga akan jemput bola ke lokasi dimana bila ada warga yang akan membayar pajak secara kolektif kita akan koordinasikan kemudian kita datangi lokasi mereka. Ini kita lakukan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ujar Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Adik Listiyono, Selasa (18/4).

Untuk lama pelayanan sendiri, jelas Adik, hanya membutuhkan waktu 5 menit, permbayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan sudah bisa selesai. Sedangkan untuk penggantian STNK atau pajak lima tahun tetap harus ke Kantor Samsat.

Pada hari pertama pelayanan mobil Samsat keliling yang langsung dilaunching Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Adik Listiyoni didampingi Kanit Regidennya, Ipda Desi Azhari, cukup banyak minat masyarakat yang membayar pajak kendaraannya.

"Alhamdulillah, sejak launching tadi sampai sekarang cukup banyak masyarakat yang membayar pajak kendaraannya melalui Samsat Keliling,” tegasnya.

Dijelaskannya, persaratan pembayaran pajak kendaraannya cukup mudah. Masyarakat pemiliki kendaraan yang hendak memperpanjang kendaraannya cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan STNK asli.

Kemudian pajak kendaraan yang dibayar jangka waktu satu tahun. Sedangkan untuk perpanjangan pajak kendaraan di atas satu tahun dan melakukan penggantian nomor plat kendaraan dilakukan di kantor Samsat.

”Sesuai jadwal, hari ini kita melayani pembayaran kendaraan lewat Samsat Keling untuk kawasan Kota Muara Enim. Besok pagi kita melayani di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul dan lusa rencananya di Kecamatan Gunung Megang. Setiap hari kita berpindah pindah tempat,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga mengaku sangat senang dengan adanya pelayanan pembayaran pajak kendaraan lewat Samsat Keliling. "Lemak bayar di disini, cepat dan idak ribet nak mengisi blangko. Cukup bawa KTP asli dan STNK asli. Yang lebih penting lagi bawa sennyo tuk membayarnyo,” ujar warga tersebut.

Penulis : LPM IV

Tag : Muara Enim Samsat Keliling

Komentar