12 Feb 2018 21:05 | 64

Muara Enim Terima DAK Rp90 M dari Pusat

Muara Enim Terima DAK Rp90 M dari Pusat

Kaganga.com, Muara Enim - Untuk membiayai program pekerjaan fisik diberbagai organisasi perangkat daerah (OPD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim kembali mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK). Pada tahun  2018 ini, Muara Enim menerima DAK sebesar Rp90 miliar. Jumlah ini meningkat Rp10 miliar dibanding tahun 2017 lalu.

Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar menerangkan alokasi DAK berasal dari Alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Menurutnya DAK dibagi menjadi dua bagian yakni DAK fisik reguler dan DAK fisik penugasan.

"Adapun rincian DAK untuk Kabupaten Muara Enim tahun 2018 sebesar Rp90.124.757,000,00."jelas Bupati saat memimpin rapat staff yang dihadiri seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Muara Enim di Ruang Rapat Bappeda, Senin (12/2).

Bupati menjelaskan, DAK kategori fisik reguler akan diberikan kepada 7 OPD dan DAK fisik penugasan kepada 3 OPD masing-masing untuk bidang pendidikan, pertanian, kelautan perikanan, perumahan pemukiman dan kesehatan serta KB.

Yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp3,5 M, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan sebesar Rp1,8 miliar, Dinas Perikanan sebesar Rp1 miliar, Dinas Perumahan dan kawasan Permukiman sebesar Rp1,9 miliar, Dinas Kesehatan sebesar Rp11,9 miliar, serta Dinas Pengendalian penduduk dan keluarga Berencana sebesar Rp114 juta.

"Selanjutnya untuk fisik reguler dan fisik penugas diberikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang untuk bidang air minum, sanitasi, jalan, dan irigasi dengan total Rp48 miliar,"paparnya

Bupati menambahkan, DAK tahun 2018 juga memberikan DAK Fisik penugasan untuk pengembangan pelayanan kesehatan di OPD RSUD H M Rabain Muara Enim sebesar Rp23,5 miliar. Selain itu, DAK untuk Dinas Lingkungan Hidup sebesar Rp840 juta dan Dinas Perdagangan untuk pengembangan pasar sebesar Rp5,7 miliar.

Selanjutnya, Bupati juga mengimbau berdasarkan peraturan menteri keuangan (Menkeu) RI, nomor: 112/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke Daerah dan Dana Desa, agar kepada perangkat daerah penerima DAK segera melaksanakan kegiatan.

"Segera laksanakan kegiatan yang dibiayai DAK tahun anggaran 2018 dengan mengacu pada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang berlaku,"jelasnya. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara Enim DAK

Komentar