10 Ags 2017 20:55 | 26

Ogan Ilir Banyak Tanah Terlantar

Ogan Ilir Banyak Tanah Terlantar

Kaganga.com, Palembang – Berkisar sepanjang 25x10 KM lahan di Kabupaten Ogan ilir terlantar, lahan inilah yang berpotensi terbakar dan menyebabkan bencana kabut asap.

Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Najib Asmani mengatakan Pemprov Sumsel meminta Pemda setempat untuk melakukan identifikasi dan inventarisasi tanah yang terlantar yang berpotensi terjadi kebakaran.

"Luasannya kita belum tahu tapi kira-kira sepanjang 25x10 km dari masuk ke Kecamatan Pemulutan sampai ke Rambutan itu terindikasi terlantar," kata Najib didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edward Chandra.

Lahan tersebut, lanjut Najib sudah mengalami kebakaran yang puncaknya pada 2015 lalu. Ini diperkirakan akan terjadi kebakaran secara terus menerus sehingga Pemprov Sumsel akan mengambil tindakan sesuai dengan peraturan Nomor 11 Tahun 2010 tentang penertiban dan pendayagunaan tanah terlantar. 

"Gubernur Sumsel akan menyurati bupati, mudah-mudahan akan dilakukan bupati karena sejak dilantik kemarin kebakaran hutan dan lahan menjadi prioritas," ungkapnya.

Penulis : Chandra Baturajo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : OKI Kebakaran Lahan

Komentar