23 Jul 2020 17:50

Pemerintah Utamakan UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Pemerintah Utamakan UMKM untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Kaganga.com, Palembang - Gubernur Provinsi Sumsel Herman Deru mengatakan jika saat ini kondisi gambaran pertumbuhan ekonomi dunia yang semula minus 2,5 % menjadi minus 6-7%. Oleh karena itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjalankan Program Penyerahan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yaitu Penjaminan kredit modal kerja untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional. 

"UMKM menjadi prioritas utama dalam pemulihan ekonomi nasional. Usai UMKM terdampak Covid-19 diberi keleluasaan untuk melakukan restrukturisasi kredit, maka pemerintah melihat bahwa suntikan modal kerja untuk UMKM menjadi sangat penting," ujar Presiden Jokowi, di sampaikan oleh Herman Deru usai Hadiri Acara Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Sumsel Command Center, Kamis, (23/07/2020). 

Lanjut Deru, PT Jamkrindo dan PT Askrindo telah ditugaskan melalui Keputusan Menteri Keuangan untuk menjamin pelaku usaha UMKM atas kredit modal kerja yang diberikan oleh perbankan.  

Di sisi Iain, bank sebagai salah satu penyalur kredit kepada UMKM tetap menerapkan prinsip kehati-hatian di tengah resiko tingginya gagal bayar. Di sinilah peran penjaminan kredit sangat diperlukan. Itulah sebabnya kredit modal kerja tersebut akan dijamin pemerintah.  

“Oleh karena itu, baik Jamkrindo maupun Askrindo diharapkan secara aktif sudah bisa melaksanakan programnya sehingga modal kerja ini bisa dilakukan perbankan," jelasnya.  

Sebagai informasi, Pemerintah telah menganggarkan dukungan flskal untuk penanganan pandemi Covid-19. Total dukungan flskal yang dianggarkan adalah sebesar Rp695,20 T.  

Dalam agenda acara Penyerahan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Sumatera Selatan, Gubernur Herman Deru menyerahkan kredit modal kepada Koperasi Kopdit Mekar Sehati Belitang.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pemprov Sumsel

Komentar