18 Des 2020 19:15

Pemkab. Muara Enim dan DPRD Sepakati APBD 2021 Sebesar Rp. 2,4 Triliun

Pemkab. Muara Enim dan DPRD Sepakati APBD 2021 Sebesar Rp. 2,4 Triliun

Kaganga.com, Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim bersama DPRD Muara Enim menyepakati rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau RAPBD 2021 menjadi APBD 2021, berdasarkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2021 yang disampaikan Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H.

Dan setelah itu, telah disepakati oleh komisi dewan dengan beberapa catatan, selanjutnya pengesahan RAPBD menjadi APBD dituangkan kedalam nota keputusan bersama pihak eksekutif dan legislatif dengan disetujui oleh seliruh fraksi atas Ranperda APBD 2021 tersebut menjadi Perda, dengan besaran APBD 2021 mencapai Rp 2,4 triliun dalam Rapat Paripurna XXVII DPRD Kabupaten Muara Enim.

Dalam keterangannya, Bupati mengucapkan atas nama pribadi dan pemerintah terima kasih atas masukan dan saran yang telah disampaikan oleh para Komisi I sampai IV DPRD Kabupaten Muara Enim.

“Struktur rancangan APBD tahun anggaran 2021 sebagai berikut, Pertama ; Pendapatan sebesar Rp 2,4 triliun, Kedua ; Belanja sebesar Rp 2,4 triliun, Ketiga ; Surplus anggaran Rp 255 juta, dan Keempat ; Pembiyaan netto Defisit sebesar Rp 255 juta, dengan catatan Surplus sebesar Rp 255 juta akan menutupi defisit pembiayaan netto dengan jumlah yang sama.

Sehingga, lanjut Bupati hal tersebut akan mendapatkan sisa lebih pembiyaan anggaran tahun berkenaan adalah nol.

Bupati juga sampaikan pada pendapat akhir terhadap RAPBD tahun 2021 masih banyak harapan masyarakat yang disampaikan melalui para anggota dewan yang belum seluruhnya terakomodir, mengigat lanjut Bupati hal tersebut dikarenakan keterbatasan kemampuan keuangan daerah sebagai akibat pademi Covid-19 yang masih berlangsung.

“kami selaku pihak eksekutif akan melalui SKPD akan terus berupaya meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaian bahwa Raperda tentang APBD tahun anggaran 2021 akan secepatnya dikoordinasikan kepada Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru untuk dievaluasi, dengan harapan program yang telah dianggarkan bisa terlaksana dengan baik demi kepentingan masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara enim

Komentar