13 Sep 2021 15:15

Pemkab OKI Gelar Vaksinasi Massal, Sasar Ibu Hamil dan Menyusui

Pemkab OKI Gelar Vaksinasi Massal,  Sasar Ibu Hamil dan Menyusui

Kaganga.com,OKI - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus menggencarkan vaksinasi massal, guna mendukung percepatan cakupan vaksinasi Covid-19. Kali ini, vaksinasi massal menyasar Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Lansia, Anak Usia 12-17 Tahun dan Disabilitas, di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Senin (13/09). 

Vaksinasi masal ini menarget 12.863 penerima. Dan, digelar selama 1 bulan di 32 Puskesmas se Kabupaten OKI, Klinik Polres OKI, Klinik Kodim dan halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten OKI. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, SKM, M.Kes mengatakan, akselerasi vaksinasi untuk mencapai target herd immunity. 

"Agar Herd Immunity segera terbentuk di OKI, maka vaksinasi salah satu solusinya. Di Kabupaten OKI ada 12.863 Ibu Hamil dan 5.862 Ibu Menyusui. Kedua kelompok ini memiliki imunitas yang lemah dengan vaksinasi, bisa meningkatkan imunitas bumil dan busui di OKI," terang Iwan Setiawan. 

Iwan menambahkan, vaksinasi untuk ibu hamil dan ibu menyusui tidak hanya baik untuk kesehatannya, tetapi juga bisa memproteksi janin dan balita ibu tersebut. 

Hal ini juga selaras dengan Program Revolusi KIA Dinkes OKI, yang membantu persalinan ibu hamil. Melalui program ini, sebanyak 2.409 kelahiran mampu ditangani secara profesional oleh petugas kesehatan. Tahun 2020, untuk pertama kali OKI Zero kematian ibu melahirkan. 

"Vaksinasi untuk ibu hamil (usia kehamilan 13-40 minggu), dan menyusui  mulai  dilaksanakan dari 13 September 2021 hingga 13 Oktober 2021). Dengan begitu, maka target 70% vaksinasi di bulan Desember dapat tercapai," imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati OKI melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Antonius Leonardo, M.Si  menyampaikan, vaksinasi ini sangat penting, karena bertujuan untuk melindungi para ibu hamil dan menyusui dari potensi tertular Covid-19. 

"Jadi vaksinasi ini upaya kita bersama untuk perlindungan bagi ibu hamil dan menyusui, juga bisa maksimal. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita semuanya untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan pentingnya vaksin," tuturnya. 

Meskipun telah divaksinasi, ia berharap masyarakat OKI untuk terus menerapkan Protokol Kesehatan dan mematuhi kebijakan pemerintah karena hal itu untuk kebaikan bersama. 

Turut hadir dalam launching vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui di Kabupaten OKI, Ketua POGI Cabang Sumsel, Dr. dr. KMS.Yusuf Effendy, S.pOG (K) beserta jajaran, Ketua PB IBI Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Lisamora Braksan, S.Sos.M.Kes serta Direktur RSUD Kayuagung.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Inesalk

Tag : Pemerintah kabupaten Vaksinasi Ibu Hamil

Komentar