21 Mar 2019 20:00

Pemkot Siapkan 100 Hektar Lahan Embung Konservasi Di Gandus

Pemkot Siapkan 100 Hektar Lahan Embung Konservasi Di Gandus

Kaganga.com, Palembang - Universitas Sriwijaya (Unsri) telah mengadakan seminar nasional memperingati Hari Air sedunia 2019 di Pascasarjana Unsri. Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta tersebut dibuka oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE.

Dalam kegiatan itu Anis Saggaff mengatakan lewat seminar ini pihaknya, akan terus berinovasi dalam mengantisipasi permasalahan terkait air.

"Sekarang rekayasa hujan tidak lagi menggunakan garam, melainkan bisa menggunakan teknologi dan bisa bermanfaat kepada masyarakat, kami lewat mahasiswa akan terus berinovasi dalam hal tersebut," ujarnya.

Selain itu, Dr. Ida Bagus Putera Pratama,M.Sc menjelaskan, hal yang harus dilakukan dalam mengatasi permasalahan air yang ada. "Untuk mengatasi permasalahan air yang ada 3 hal yang harus di lakukan, pertama kita harus mengelola secara komprehensif, sineegis, koordinatif HULU-HILIR, PRODUSEN - KONSUMEN, kedua kita harus memimimalkan risiko bencana melalii pembangunan berbasis bentang alam - tata ruang - pengelolaan DAS, dan yang ke tiga kita harus memulihkan DAS, rehabilotasi hulu dan benahi hilir", kata Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) ini.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo yang turut hadir menjadi narasumber menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Hari Air sedunia 2019 ini, karena lewat kegiatan ini kita bisa menindaklanjuti permasalahan yang ada terkait air, khususnya di Kota Palembang. Selain itu kami juga berupaya dalam mengatasi permasalahan air yang ada, melalui program gotong royong yang telah dibuat, dan kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program yang sudah di jalankan ini," katanya, Kamis (21/3/2019).

Selanjutnya, Harnojoyo juga menyampaikan pihaknya akan terus berupaya dalam memberikan fasilitas terhadap masyarakat.

"Selain Sungai Musi yang menjadi cadangan air baku untuk masyarakat, kami juga akan menyediakan dan membuat embung konservasi seluas 100 hektar di daerah Kramasan Gandus, ini akan menjadi cadangan air baku PDAM dan tentunya ini akan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Seterusnya, dengan adanya kegiatan ini ia berharap, ada tindaklanjut dalam mengatasi permasalahan air yang ada. "Kami berharap dengan adanya seminar memperingati hari air 2019 ini akan ada percepatan inovasi untuk mengatasi berbagai permasalahan khsusnya dalam menangani sungai dan mempersiapkan air untuk generasi selanjutnya," tutupnya.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pemkot palembang Unsri

Komentar