10 Jan 2020 17:25

Pemprov Sumsel Gerak Cepat Bantu Warga Lahat yang Tertimpa Musibah Banjir

Pemprov Sumsel Gerak Cepat Bantu Warga Lahat yang Tertimpa Musibah Banjir

Kaganga.com, Palembang - Pemerintah Provinsi Selatan (Sumsel) langsung bergerak cepat mengirimkan berbagau bantuan terhadap warga yang terkena bencana longsor dan banjir yang terjadi di Kabupaten Lahat   Selain bantuan logistik, Pemprov Sumsel juga mengirimkan tim Tagana untuk membantu masyarakat menanggulangi pasca bencana kemarin.  

Kendati demikian, Herman Deru meminta kepada instansinya supaya tidak harus mendapatkan instruksi terlebih dahulu darinya untuk memberikan bantuan kepada korban bencana. Dengan kata lain, instansi yang di bawah kepemimpinannya harus berinisiatif sendiri. 

“Semalam sudah saya rapatkan beberapa instansi yang terkait. Jika terjadi sesuatu terlebih lagi bencana, tidak harus menunggu instruksi gubernur,” tegas HD saat melepas satuan tugas dan bantuan Pemprov di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (10/1/2020). 

Lanjut Deru, Kondisi bencana yang tidak bisa diprediksi kapan akan datang, membuat Pemerintah harus siap sedia, baik tim satgas ataupun bantuan logistik dll ketika peristiwa terjadi secepatnya harus disalurkan.  

"Bantuan yang dikirimkan jangan dilihat dari nilai materinya, berapa pun itu yang terpenting adalah niat kita untuk mengatasi dalam kondisi darurat saudara yang terdampak," jelasnya.  

Selain mengirim personel dan bantuan, HD juga menginginkan korban bencana mendapatkan trauma healing atau penyembuhan trauma khususnya untuk anak-anak.  “Terakhir saya berpesan kepada personel berangkatlah dengan baik, perlakukan warga dengan sopan, sentuh mereka dengan nurani," tukasnya. 

Selain itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Rasyiddin Hasan mengatakan sedikitnya ada 15 item bantuan yang dikirimkan untuk para korban bencana banjir dan longsor.  

"Ada 15 item yang kita kirim, selimut makanan, tas sekolah, dan sembako, biskuit, dan lain sebagainya. Kalau masih dibutuhkan lagi ya akan kita kirimkan lagi.  Kita juga masih menunggu usulan dari korban apa yang mereka butuhkan akan kita coba akomodir," ujarnya

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Banjir Lahat

Komentar