26 Des 2020 19:15

PLN Kembangkan Taman Hidroponik

PLN Kembangkan Taman Hidroponik

Kaganga.com, Palembang - Memanfaatkan lahan rawa yang berada di sekitar Kantor Rayon Ampera, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu mengembangkan Taman Hidroponik. Peresmian Taman Hidroponik tersebut dilakukan langsung oleh General Manager PLN UIW S2JB, Daryono, Sabtu (26/12).

"Ini sebagai langkah kita memberdayakan dan peduli lingkungan sekitar. Kita tata sedemikian rupa supaya lebih bermanfaat," ungkap Daryono.

Ditambahkannya, Taman Hidroponik PLN ini bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar di tengah pandemi Covid-19. Maka dari itu, pengurusan Taman Hidroponik PLN di Rayon Ampera ini juga memanfaatkan masyarakat sekitar.

"Kita ingin ini menjadi percontohan bagi masyarakat sekitar di sepanjang jalan ini. Apalagi nanti pada pelaksanaan Piala Dunia U-20, daerah ini kan jadi perlintasan," lanjut Daryono.

Adapun tanaman yang ditanam berjumlah 2.000 bibit dengan sembilan jenis sayuran. Selain itu, PLN juga menyebar 5.000 bibit ikan nila dan emas. Meskipun disebar di kawasan air rawa, namun sebelumnya pihaknya sudah menguji tingkat keasaman air untuk budidaya ikan.

Sementara itu, Ketua Forum Daerah Aliran Sungai, Syafrul Yunardi mengungkapkan, adanya Taman Hidroponik yang diinisiasi oleh PLN ini patut diacungi jempol. Betapa tidak, dia menilai, pinggiran jalan kawasan Jakabaring ini dinilai kumuh.

"Dengan adanya Taman Hidroponik ini diharapkan dapat menata kawasan ini. Mudah-mudahan nanti ada petak-petak hidroponik disini, sehingga ada pemandangan menarik di sepanjang jalan," pungkasnya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PLN

Komentar