27 Jul 2020 14:15

Presiden RI Kurban Sapi Limosin di Palembang

Presiden RI Kurban Sapi Limosin di Palembang

Kaganga.com, Palembang - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menentukan pilihan untuk berkurban di kota Palembang. Setelah memilih antara sapi Limosin dan sapi Simental, Presiden memilih sapi Limosin seberar 1,1 Ton.  

"Presiden sudah memesan tanggal 25 Julis kemarin, dan menentukan sapi Limosin untuk menjadi hewan kurbanya," kata pemilik peternakan hewan di Kecamatan Sako, Kota Palembang, Idil Fitriansyah, Senin (27/7).  

Kata dia, sebelumnya presiden melalui Dinas Kesehatan kota Palembang sempat memeriksa dua sapi miliknya yang berjenis Limosin dan Simental dengan bobot yang sama 1,1 Ton. Dua sapi ini menjadi kandidat yang akan menjadi hewan kurban Presiden di kota Palembang.  "Usia sapi jenis Limosin itu empat tahun. Untuk harganya sama saja dengan sapi Simental yakni Rp 85 juta per ekor," ungkapnya. 

Idil menjelaskan, sapi yang dipesan oleh Presiden Jokowi itu berbeda dibandingkan pada tahun lalu yakni jenis Ongole dari India. Menurutnya, sapi Limosin itu memiliki tekstur daging yang lebih empuk dibandingkan jenis Ongole.  

"Sapi Limosin itu bukan didatangkan dari luar negeri tetapi sudah dibeli sejak masih kecil dan dibesarkan di peternakan saya," jelasnya. 

Sementara itu, Kasi Kesehatan Hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Iskandar menjelaskan, kalau pihaknya sudah tiga kali melakikan pemeriksaan sapi Limosin tersebut baik dari sisi pakannya, obat cacing, dan pengukuran suhu tubuh sapi menggunakan Thermal Gun. 

"Kita pastikan kondisi sapi kurban presiden Sehat, dan memiliki kwalitas yang baik serta terhindar dari penyakit," pungkasnya. 

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Idul Adha

Komentar