20 Apr 2017 09:00 | 59

Program Keluarga Harapan Putus Rantai Kemiskinan

Program Keluarga Harapan Putus Rantai Kemiskinan

Kaganga.com, Muara Enim - Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk terus mensejahterakan dan membantu rakyatnya yang saat ini membutuhkan bantuan baik secra finansial maupun lainnya. Salah satu program yang di gagas Pemerintah Pusat adalah Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk itu, Dinas Sosial Provinsi Sumsel mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang diadakan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Rabu (19/4).

Kegiatan ini pertama kali diadakan di Provinsi Sumsel dengan dihadiri perwakilan Dinas Sosial Kabupaten/Kota se Provinsi Sumsel, Bappeda, PT. POS,  BPS, serta  Koordinator Willayah dan tenaga pendamping operator PKH.

Adapun dalam Rakor PKH yang dibuka langung oleh Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, menghadirkan narasumber Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Belman Karmuda serta dari Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI, Kasubid Kepesertaan Direktorat Jaminan Sosial Kekeluargaan Kemensos RI, Endah Sulistioningsih.

Kepala Dinsos Provinsi Sumsel, Belman mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesamaan gerak dan langkah dalam rangka pelaksanaan PKH bagi pelaksanadi tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

"Supaya seluruh peserta memahami kebijakan dan peran instansi masing-masing dalam mendukung Program Keluarga Harapan serta teridentifikasinya potensi masalah dan potensi pendukung untuk merumuskan solusi dalam proses mensukseskan pelaksanaan Program Keluarga Harapan," kata Belman.

Belman mengharapkan rakor tersebut dapat menghasilkan output kegiatan berupa kesepakatan bersama mendukung keberhasilan Program Keluarga Harapan. Adapun mengenai lokasi pelaksaan rakor di Kabupaten Muara Enim, Belman menjelaskan hal tersebut juga tak lepas dari keberhasilan Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim menjalankan program nasional PKH, sehingga layak dijadikan percontohan oleh SKPD Dinas Sosial di Kabupaten Kota lainnya.

"Rakor tingkat provinsi belum pernah terjadi, ini baru tahun ini diselenggarakan di Muara Enim, sebelumnya Dinsos Muara Enim mendapat penghargaan dari presiden atas dedikasinya menjalankan program PKH," ungkapnya

Belman mengajak seluruh peserta mengikuti rakor secara sungguh-sungguh. Dia berharap seluruh peserta dapat kembali bersinergi menjadikan PKH sebagai program pengentasan kemiskinan yang menyentuh langsung ke akar permasalahan.

Sementara Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar menambahka,n pihaknya mengapresiasi pihak Dinsos Provinsi Sumsel yang mempercayakan digelarnya Rakor PKH di Bumi Serasan Sekundang. Menurut Bupati,  Pemkab Muara Enim melalui SKPD Dinsos terus mendukung jalannya program PKH karena cukup berperan membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti kesehatan dan pendidikan didalam keluarga.

"Kami berkeyakinan program PKH akan memutuskan rantai kemiskinan antar generasi, selain itu PKH juga mendukung upaya pemerintah dalam pencapaian pembangunan MDGs, terkait pengurangan kemiskinan, lapangan pekerjaan, pendidikan dasar, kesetaraan gender serta pengurangan kematian anak dan ibu melahirkan,"papar Bupati.

Bupati juga menilai dana yang disalurkan juga terbukti efektif dalam penggunaannya  untuk mengakses pelayanan keseahatan dan pendidikan pada masyarakat membutuhkan.

"Untuk saat ini ada sebanyak 12.135 keluarga penerma manfaat di Muara Enim yang tersebar di 20 kecamatan, penyaluran dibantu sebanyak 59 tenaga pendampingan dan operator PKH," jelasnya.

Penulis : LPM IV

Tag : Muara Enim

Komentar