16 Mar 2017 18:10 | 32

Proses Penyelesaian Paspor Haji Lebih Cepat

Proses Penyelesaian Paspor Haji Lebih Cepat

Kaganga.com, Palembang - Meski masa keberangkatan haji masih lama, namun proses penyelesaian pembuatan dokumen haji seperti paspor dan visa di Kantor Imigrasi Kabupaten Muara Enim sudah mendekati 80 persen.

"Pemberian paspor yang sudah selesai mencapai 80 persen, sedangkan untuk visa mendekati 90 persen,"kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, Telmaizul, Kamis (16/3).

Menurutnya, proses penyelesaian paspor haji ditahun ini lebih cepat karena beberapa jemaah haji telah memiliki dokumen paspor sebelumnya. Sebab dimusim haji tahun ini paspor yang yang pakai jemaah relatif sama dengan paspor reguler lainnya.

Pembuatan paspor oleh calon jemaah haji menurutnya sudah mulai terjadi
pada Desember 2016 lalu. Dari biasanya, peningkatan terjadi sekitar 5 persen.
Dirinya menyebut, untuk mengatasi peningkatan permohonan pembuatan paspor tersebut, pihaknya mengoptimalkan petugas loket pelayanan yang mulai bekerja pukul08.00 - 14.00 WIB.

“Berapapun banyaknya permohonan pembuatan paspor baru dan perpanjangan, petugas kita siap memberikan pelayanan terbaik sesuai jadwal jam kerja yang telah ditentukan,” tutur dia.

Di sisi lain, sambungnya, jika sesuai standar
operasional prosedur atau SOP dan jam kerja, maka permohonan pembuatan maupun perpanjangan paspor akan diproses dengan baik. “Dalam waktu empat hari jika tidak ada kekurangan atau masalah hukum bisa diterbitkan paspornya,” tukasnya

Adapun untuk pembuatan paspor haji tahun ini, Telmaizul mengatakan pihaknya menyiapkan paspor untuk sekitar 2000 jemaah berdasarkan kuota haji kabupaten/kota wilayah kerja Imigrasi Kabupaten Muara Enim.

"Untuk wilayah terbanyak pembuatan paspor seperti di OKU Timur, Linggau dan Musirawas
,Alhamdulilah paspor yang sudah jadi sudah ada yang diambil khususnya jemaah haji yang siap berangkat tahun ini,"jelasnya

Telmaizul mengungkapkan, untuk pelaksanaan pembuatan paspor diwilayah jauh dari kantor Imigrasi Muara Enim, maka pihaknya juga melakukan layanan jemput bola. Tim imigrasi Muara Enim langsung menerjunkan petugas ke lapangan setiap hari Sabtu dan Minggu seperti diwilayah Musirawas, Muratara dan Lubuk Linggau.

"Pada proses pembuatan paspor jarak jauh kami menggunakan sistem mobile biometrik, melalui sistem ini petugas memungkinkan melakukan pengambilan di daerah, data identitas pembuat langsung dikonekan ke pusat data imigrasi,"pungkasnya.

Penulis : Satria Nugroho
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Paspor Haji

Komentar