13 Nov 2018 18:35

Relawan Dibekali Keterampilan Tangani Kebakaran

Relawan Dibekali Keterampilan Tangani Kebakaran

Kaganga.com, Muara Enim  - Untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana utamannya kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim, gelar pelatihan bagi para relawan serta Tim Rescue DPKP di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, kemarin (12/11).
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Muara Enim, M Teguh Jaya, saat membuka pelatihan itu mengatakan, pengetahuan dan keterampilan sangat penting dimiliki para relawan maupun tim rescue, karena keahlian tersebut diperlukan dalam operasi penanganan dan evakuasi bencana.
“Penanganannya tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, melainkan harus dilakukan dengan keahlian dan keterampilan khusus serta didukung peralatan keamanan yang memenuhi standar,” kata Teguh.
Menurut dia, kehadiran relawan maupun tim rescue yang memiliki keterampilan khusus tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Mengingat, di Kabupaten Muara Enim belakangan ini sering terjadi kebakaran rumah maupun lahan. “Saya yakin Anda adalah orang-orang pilihan dan istimewa yang terpanggil jiwanya untuk menjadi relawan,” ucapnya.
Melalui pelatihan ini, Teguh berharap, menjadi bekal bagi para relawan maupun tim rescue DPKP Muara Enim, sehingga siap terjun ke lapangan saat terjadi kebakaran. “Semoga relawan memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menangani bencana kebakaran dalam rangka membantu tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muara Enim,” tukasnya.
Sementara itu, Kepala DPKP Muara Enim, Yulius menjelaskan, pelatihan tersebut guna memberikan pengetahuan dan teknik evakuasi terhadap objek, manusia maupun barang dalam upaya penanggulangan bencana.
“Pelatihan diikuti 80 peserta, terdiri dari 40 tenaga relawan, dan 40 rescue DPKP. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 12-13 November 2018 dengan menghadirkan narasumber dari BPBD Sumsel, Basarnas Sumsel, Kodim 0404/Muara Enim, dan Polres Muara Enim,” jelasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Muara Enim Pemadam Kebakaran

Komentar