20 Sep 2020 19:15

Segera Realisasikan Pembangunan Jalur Sepeda, Dewa : Pihak Swasta siap Membantu

Segera Realisasikan Pembangunan Jalur Sepeda, Dewa : Pihak Swasta siap Membantu

Kaganga.com,Palembang - Menciptakan kenyamanan bagi pengendara sepeda, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang segera merealisasi pembangunan jalur khusus pesepeda bagi komunitas dan masyarakat umum dalam waktu dekat.

Pihaknya menyebut, seminggu ke depan, pembangunan lokasi jalur bakal dicek langsung Kementerian Perhubungan RI.

"Senin ada pertemuan membahas jalur khusus sepeda, kami menyaring masukan dari komunitas," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, Minggu (20/9/2020).

Baginya, segala persiapan termasuk anggaran untuk pembangunan lokasi sudah masuk dalam diskusi dan rapat bersama Forkompinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkot Palembang.

"Selain itu, ada pihak swasta yang siap membantu realisasi jalur khusus sepeda. Jadi nanti kita bagi anggarannya ada dari swasta dan pemkot dan dilanjutkan pembangunan dari kementerian menggunakan APBN," jelasnya.

Rencana jalur khusus pesepeda yang disepakati Wali Kota Palembang, Harnojoyo, yakni, mulai dari kawasan taman olahraga Kambang Iwak Family Park, Jalan POM IX, Angkatan 45, hingga ke daerah sekitar Jakabaring.

"Kemenhub menurunkan tim survey untuk mendapat bantuan, titik-titik dimana yang akan dibantu jalur sepeda," ungkapnya.

Sedangkan untuk pembagian jam jalur sepeda, sambung Dewa, sedang dibahas bersama komunitas sepeda. Ia berharap rencana ini, berjalan optimal. Sehingga tidak ada lagi komplain dari berbagai pihak termasuk rambu-rambu lalu lintas.

Setelah realisasi jalur sepeda selesai. Nanti rencana lanjutan untuk mendukung gerakan mengendarai sepeda. Pihaknya juga akan rutin gowes bersama para komunitas, agar dapat mengakomodir perkumpulan pesepeda yang ada di Palembang.

"Biar ada sarana, kami berusaha memfasilitasi dan mencari fasilitator. Karena Palembang layak punya jalur sepeda, apalagi sejumlah orang mengendarai sepeda," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Riki Okta Putra

Tag : pemkot palembang

Komentar