11 Jan 2019 17:05

Sekarang Penyaluran Bansos Didampingi Polisi

Sekarang Penyaluran Bansos Didampingi  Polisi

Kaganga.com, Muara Enim - Mulai tahun 2019 ini berbagai jenis bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah untuk masyarakat kurang beruntung akan didampingi oleh petugas  Kepolisian. Itu dilakukan menindak lanjuti kerjasama yang dilakukan Kapolri dengan Menteri Sosial.

                    Tujuannya, agar penyaluran berbagai bantuan sosial untuk keluarga kurang   beruntung benar benar tetap sasaran dan tidak disalah gunakan. 

               Tindak lanjuti itu terungkap dalam rapat yang dilakukan Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono dengan Asisten I Pemkab Muara Enim, M Teguh Jaya dan Kepala Dinas Sosial Muara Enim, Drs Ali Rahman serta Kepala Dinas Sosial PALI di Mapolres Muara Enim, usai mengikuti telekomprenc  Kapolri dan Menteri Sosial, Jumat (11/1).

                “Kerjasama yang dilakukan Polri dengan Kementerian Sosial, intinya  bagaimana kita mengawal niat baik pemerintah agar bantuan sosial yang disampaikan kepada masyarakat kurang beruntung benar benar tepat sasaran,” jelas Asisten I, M Teguh Jaya pada rapat tersebut.

                  Menurutnya, Kabupaten Muara Enim salah satu kabupaten di Sumsel dalam penyaluran bansos yang dilakukan selama ini tidak ada masalah. Bansos yang disaluran tetap sasaran. Dia berharap, agar pada tingkat Polsek juga dilakukan kerjasama dengan unsur terkait dalam menangani penyaluran bantuan sosial tersebut.

               Dengan demikian, kerjasama yang dilakukan tidak saja di tingkat kabupaten, tetapi ditingkat kecamatan juga dilakukan.  Masalah penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Rasta), lanjutnya, yang selama ini sempat dialihkan ke Badan Ketahanan Pangan,  sekarang telah dikembalikan lagi ke Dinas Sosial. 

                    “Saya berharap setiap tahapan pihak kepolisian melakukan pendampingan dalam penyaluran bansos tersebut. Keterlibatan Kepolisian mulai dari pendataan hingga sampai penyampaian bantuan,” pintanya.

               Sementara itu, Kapolres AKBP Afner Juwono mengatakan, siap melakukan pendampingan sebagaimana yang diitruksikan Kapolri dalam penyaluran Bansos tersebut. Pihaknya dalam waktu secepatnya akan membuat kesepakatan dengan pihak terkait yang menangani masalah penyaluran Bansos. 

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Bansos Muara Enim

Komentar