29 Jul 2020 20:35

TNI, Polri dan Dinkes OKI Siapkan Pengamanan Sholat Idhul Adha

TNI, Polri dan Dinkes OKI Siapkan Pengamanan Sholat Idhul Adha

Kaganga.com, OKI    --    Sehubungan dengan pelaksanaan sholat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah di tengah masa pandemi Corona virus disease atau Covid-19. Seluruh jajaran Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) nantinya akan menerjunkan personilnya ke setiap masjid.

Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Palupessy, mengatakan, ketika pelaksanaan sholat Idul Adha nanti pihaknya akan menerjunkan personil ke sebagian besar masjid di wilayah OKI.

"Seperti kegiatan Idul Fitri kemarin, kita tetap melaksanakan pengamanan di tempat ibadah untuk seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari kumandang takbir sholat Idul Adha sampai pemotongan hewan kurban. Selain pengamanan, petugas juga akan mendisiplinkan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19," ucapnya ketika ditemui kantor Polres OKI, Rabu (29/07/2020).

Dikatakan lebih lanjut, penempatan personil akan dilihat dari situasi masjid setempat. Jika masjid lebih besar, maka personil yang ditempatkan juga lebih banyak.

"Kami akan sebar sebanyak 102 Babinkamtibmas dan akan di back up oleh jajaran personil Polres serta Polsek setempat. Nantinya seluruh personil dibagi tugas melaksanakan penjagaan ke beberapa masjid di Kota Kayuagung, hingga pelosok desa-desa sesuai tempat tugasnya," jelasnya.

Di samping itu, pihaknya juga mengadakan penyembelihan hewan kurban yang akan berlangsung di halaman masjid Polres OKI.

"Insyaallah ada beberapa hewan kurban sapi dan kambing. Pemotongannya juga akan dilakukan di halaman masjid, di dalam lingkungan Mapolres OKI. Daging kurban nantinya, akan dibagikan langsung oleh anggota polwan kepada orang yang membutuhkan (Mustahik) yang berada di sekitar Mapolres OKI, termasuk para warga terdampak Covid-19," ungkapnya.

Terpisah Dandim 0402 OKI-OI, Letkol CZI Zamroni, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan personil TNI yang juga akan disebar di sebagian besar tempat ibadah.

"Sebagaimana kita melaksanakan hari raya keagamaan yang besar. Karena di sini satu orang Babinsa mengcover 2 desa, tentunya tidak semua masjid dapat diterjunkan personil. Terlepas dari hal tersebut, nantinya personil Babinsa itu berada tugas mereka adalah melakukan pengamanan bersama-sama petugas lainnya di daerah tersebut," ujar Dandim.

Ditambahkannya, Kodim 0402 OKI juga telah menyiapkan hewan kurban berupa sapi dan kambing, nantinya daging tersebut akan disebar ke masyarakat setempat.

"Iya Alhamdulillah, kita sudah siapkan beberapa ekor sapi dan kambing yang akan dilakukan pemotongan di masjid Kodim dan juga dibeberapa wilayah. Daging tersebut akan dibagikan oleh panitia pemotongan hewan kurban masjid, insyaallah menyasar untuk orang yang membutuhkan," tegasnya.

Dandim menghimbau, bagi seluruh warga yang hendak melaksanakan sholat berjamaah harus tetap menjalankan protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19 sesuai surat edaran Bupati OKI.

"Saya menghimbau masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, membawa sendiri perlengkapan sholat, memakai masker dan lainnya. Karena demi kebaikan bersama," katanya.

Sementara itu Kepala dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, mengungkapkan, untuk petugas kesehatan juga akan di tempatkan di seluruh masjid.

"Tentunya kita siapkan petugas kesehatan, mulai dari tenaga kesehatan Puskesmas maupun Puskesdes untuk di tempatkan di masjid sesuai wilayah masing-masing, petugas juga akan mengecek suhu tubuh para jamaah," tutur Iwan.

"Selain itu petugas juga bekerjasama dengan panitia masjid, agar para jamaah dapat mengikuti protokoler kesehatan," tambahnya.
 
 

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Riki Okta Putra

Tag : OKI

Komentar