6 Des 2018 16:10

Wako Palembang Jadikan Sindiran Menteri LHK Sebagai Penyemangat

Wako Palembang Jadikan Sindiran Menteri LHK Sebagai Penyemangat

 

Kaganga.com, Palembang - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyindir secara lugas ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, yang dinilai malas untuk membersihkan aliran Sungai Musi.

 

Sindiran tersebut disampaikan Siti Nurbaya saat mengecek kondisi Hutan Pinus Punti Kayu Palembang, Rabu, 21 November 2018.

 

Padahal setiap minggu Pemkot Palembang kerap menggelar gotong royong di setiap kecamatan, terutama di aliran anak Sungai Musi Palembang.

 

Mendengar sindiran tersebut, Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo tidak mengomentari protes apapun. Dengan santai, orang nomor satu di Palembang ini memandang sindiran tersebut sebagai penyemangat mereka.

 

“Tidak apa-apa, itu sebagai pemicu kita. Kedepan kita akan koordinasi lebih baik (ke pemerintah pusat) agar sungai musi jauh lebih baik,” ujarnya kepada Kaganga.com, Kamis (6/12/2018).

 

Namun sejauh ini, tidak hanya gotong royong di aliran anak Sungai Musi saja yang dibersihkan. Pemkot Palembang juga rutin membersihkan sampah yang menggenang di tepian Sungai Musi. Tepatnya di dekat Patung Iwak Belida di Plasa Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

 

Namun karena berada di bagian hilir, aliran sampah dari hulu yang selalu bertambah, membuat kawasan tersebut kembali digenangi sampah lainnya.

 

“Kita bersihkan pagi, tapi sore sudah ada sampah lagi. Itu dialiri dari sisi hulu Sungai Musi yang membawa banyak sampah, jadi terus menumpuk,” ujarnya.

 

Mereka pun akan terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII untuk penanganan sampah di aliran Sungai Musi. Termasuk juga sedimentasi Sungai Musi yang diakibatkan tumpukan sampah yang mengendap.

Penulis : Nandoenk
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Fitrianti Agustinda

Komentar