11 Jul 2020 19:35

Warga Kelurahan Sukadana Antusias Ikuti Sosialisasi Bersinar dan Bahaya Karhutbunlah.

Warga Kelurahan Sukadana Antusias Ikuti Sosialisasi Bersinar dan Bahaya Karhutbunlah.

Kaganga.com, OKI   ----     Komitmen Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dalam memberantas peredaran Narkotika terus berlanjut, salah satunya dengan upaya pencegahan melalui program Bersih Narkoba (Bersinar). Program pencegahan ini dimaksudkan, untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat akan bahaya narkoba.


Lembaga ini melakukan sosialisasi kepada para hansip, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama di Kelurahan Sukadana Kecamatan Kayuagung. Dengan harapan, akan menjadi ujung tombak pencegahan untuk pemberantasan narkoba di wilayah Keluran Sukadana, Jumat (10/07/2020).


Tidak tanggung-tanggung, meskipun lingkup pertemuan ini hanya setingkat kelurahan, namun Kepala BNNK OKI, AKBP Agus Sugiyono, SH, MH turun langsung untuk menyampaikan arahan dan bimbingan kepada masyarakat akan bahaya narkoba.


Menurut dia, bahaya narkoba ini dapat mengancam siapa saja, tidak hanya kalangan atas maupun kalangan masyarakat bawah, baik dewasa maupun anak-anak. Oleh sebab itu perlu dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat untuk mengantisipasinya.


“Nantinya diharapkan, lurah dan jajarannya bisa menjadi pinonir dalam pemberantasan narkoba di wilayahnya,” paparnya.


Dengan adanya program desa / kelurahan Bersinar, secara mandiri bisa melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba. Dalam hal ini, para Kepala Desa / Lurah harus bisa memberdayakan masyarakatnya masing-masing menjadi relawan anti narkoba.

“Sehingga nantinya semua elemen masyarakat bergerak serentak untuk mencegah peredaran narkoba di desa atau kelurahan,” tandasnya.


Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan juga pertemuan dalam rangka tindaklanjut Surat Edaran Bupati dan Camat Kota Kayuagung, tentang Karhutbunlah. mengingat saat ini sudah masuk musim kemarau dan ancaman kebakaran hutan, kebun dan lahan semakin besar, yang harus menjadi perhatian semua pihak.


Kegiatan ini juga diikuti oleh jajaran BPBD OKI, Kecamatan Kayuagung dan Satpol PP, Damkar beserta jajarannya.


Sementara itu Lurah Sukadana, Fahrurozi, mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kehadiran Kepala BNN Kabupaten OKI yang hadir secara langsung dalam acara tersebut, guna memberikan pemahaman dan bekal bagi warganya.


“Harus kita akui ancaman narkoba ini sudah masuk keberbagai sendi kehidupan, banyak yang telah menjadi korban. Oleh karena itu, tumbuhnya kesadaran masyarakat akan bahaya narkoba ini sangat membantu dalam upaya penanggulangan. Kami sangat berterima kasih kepada pihak BNN Kabupaten OKI,” kata dia.


Penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam mendukung program pemerintah melalui sosialisasi bahaya narkoba, ini sejalan dengan program kerja 100 hari Lurah Sukadana.

“Termasuk hari ini, kita gelar pertemuan tentang ancaman bencana karhutbunla. Melalui ini, warga akan mengetahui dan pahami apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi karhutbunla,h” tandasnya.

Penulis : Wahid Aryanto
Editor : Riki Okta Putra

Tag : OKI

Komentar