14 Sep 2018 20:05

Warga Yang Belum Rekam e-ktp Didominasi Pemula

Warga Yang Belum Rekam e-ktp Didominasi Pemula

Kaganga.com, Muara Enim - Dari data yang dimiliki Dinas kependudukan dan catatan sipil muara enim, ada sekitar kurang lebih 30.000 warga yang belum melakukan pwrekaman e-ktp. Dari angka tersebut, warga yang belum merekam didmominasi oleh pemula (baru menginjak 17 tahun-red).

Dikatakan Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten muara enim, Iqbal, hingga april 2019 yakni masa pemilihan ada sekitar 30 ribu yang belum merekam. "Itu dihitung sampai pada saat pencoblosan nanti, karena ada warga yang akan menjadi wajib ktp el pada saat itu," ungkapnya. 

Sebagian besar yang belum melakukan perekaman adalah pemula sementara yang lain memnag belum melakukan perekaman baik terkendala lokasi yang jauh dan peremasalahan lainnya seperti data ganda ataupun masalah geometrik.

Namun, tambahnya, sebagian besar sudah melakukan perekaman. "Jumlah penduduk saat ini ada 574.884 dengan rincian laki-laki 293.361 dan perempuan 281.523 hingga akhir semster pertama tahun 2018,”ujarnya. 

Sejauh ini, lanjutnya, belum bisa ada angka real berapa warga yang belum merekam, karena setiap hari pasti akan berubah. "Setiap hari ada yang 17 tahun, ada yang pindah dan ada yang meninggal, sehingga angkanya itu dinamis," terangnya. 

Hingga saat ini, lanjutnya untuk perekaman Dukcapil tetap melakukan sistem jemput bola terutama di daerah yang aksesnya cukup jauh. "Kami datang dan antusiasnya sangat bagus," tukasny

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : E KTP

Komentar