26 Feb 2017 23:00 | 86

75 Lulusan IT Bidik Sertifikasi Nasional

75 Lulusan IT Bidik Sertifikasi Nasional

Kaganga.com, Palembang - Sebanyak 75 peserta dari lulusan bidang Ilmu Teknologi (IT) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Diploma I,II dan III mengikuti sertifikasi nasional berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang informatika untuk angkatan kerja muda selama tiga hari yakni 22-24 Februari di Hotel Aston Palembang.

Kepala pusat pengembangan (Pusbang) Literasi dan Profesi (Litprof) Sumber Daya Manusia (SDM) Informatika, Hedi M Idris mengatakan, setelah melalui beberapa tahapan dan tes 75 calon pekerja ini akan dibekali sertifikasi nasional berbasis SKKNI yang dikeluarkan oleh lembaga fasilitasi sertifikasi pusbang litprof SDM Informatika pusat sebagai modal utama para lulusan IT sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. "Saat ini dunia kerja lebih mengutamakan kemampuan bekerja daripada ijazah. Adanya bekal sertifikasi akan menjadi nilai plus bagi pekerja agar mampu bersaing dengan SDM di berbagai kota di Indonesia ataupun asing," terangnya.

Pembekalan sertifikasi ini bertujuan agar para lulusan bidang IT bisa bekerja pada posisinya dengan baik, pihaknya juga mengantisipasi agar jangan sampai pekerja bidang informatika diisi oleh orang yang bisa bekerja secara teknis, tetapi tidak punya mental dan sikap yang baik dalam bekerja. "Setiap lulusan bidang apapun itu, membutuhkan attitude yang baik saat menjalankan tugasnya dalam bekerja. Sebab, yang diperlukan itu, bukan hanya memiliki skill yang mumpuni, tetapi juga memiliki sikap pekerja yang baik dan selaras," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Farhat Syukrin menilai, kegiatan sertifikasi nasional berbasis SKKNI yang dilakukan ini sangatlah penting bagi para calon pekerja muda lulusan bidang IT. Hal ini bisa menjadikan SDM yang bisa disiapkan menjadi dan mampu bersaing dalam fase teknologi saat ini yang serba digital. "Kita malah berharap kegiatan seperti ini bisa diselengarakan pada seluruh wilayah Sumsel dalam mengwujudkan SDM yang memiliki daya saing baik mulai tingkat nasional, regional maupun global," terangnya.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Pendidikan

Komentar