22 Jan 2021 14:45

Belajar Lebih Menyenangkan dengan Outdoor Learning Daring ala SDN 186

Belajar Lebih Menyenangkan dengan Outdoor Learning Daring ala SDN 186

Kaganga.com, Palembang - SD Negeri 186 Palembang punya kiat khusus menyiasati kejenuhan belajar mengajar secara online, di masa pandemi Covid-19.   Yakni dengan menerapkan pembelajaran luar ruang online, istilahnya: outdoor learning daring. 

"Tujuan pembelajaran ini utamanya berorientasi pada alam maupun lingkungan sekitar yang bersifat menyenangkan," kata Kepala SD Negeri 186 Palembang, Zahara, Jumat (22/1/2021). 

Selain itu, dengan cara ini diharapkan dapat mewujudkan nilai spiritual siswa, untuk lebih mengenal alam sekitar dan juga peserta didik.  

Secara teknis, sistem belajar ini tetap daring atawa online. Hanya saja tidak di dalam ruangan, lazimnya pelajaran online selama ini. Tapi, di luar rumah, di ruang terbuka hijau atau tempat menyenangkan lainnya.  

Zahara mengatakan pula, sifat outdoor learning daring memotivasi siswa lebih semangat menerima pelajaran yang diberikan guru dan bisa merangsang kemampuan siswa, untuk berpikir kritis jika suasananya nyaman dan menyenangkan. 

"Alhamdullilah, anak-anak menyambut dengan gembira sistem outdoor learning daring seperti ini. Bahkan, kalau dilihat, mereka lebih menikmati seperti ini," ungkapnya. 

Sementara menurut Cerie Meilia Devega, salah satu guru kelas VI SDN 186, menambahkan, outdoor learning daring seperti ini sangat menyenangkan dan banyak keuntungannya.  

"Seperti, kita bisa menghirup udara segar di pagi hari, terkena cahaya matahari dan lain sebagainya. Mengajar seperti ini sangat mengasyikkan," ujarnya.  

Untuk koneksi internet pun lancar. Kendati, sekolah ini letaknya agak di pinggir kota. Ini karena ditunjang fasilitas WiFi gratis dari Dinas Pendidikan Kota Palembang, yang bekerja sama dengan PT Sudasa.  

"Sinyalnya bagus dan tidak ada kendala. Para guru mentransfer ilmunya baik melalui WhatsApp, Google Classroom dan Google Meet. Jadi kita para guru semangat dan siswa pun aktif kembali," pungkasnya. 

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pendidikan

Komentar