7 Ags 2017 17:35 | 41

Beri Pengetahuan Hukum, Jaksa Datangi SMAN 1 Ujanmas

Beri Pengetahuan Hukum, Jaksa Datangi SMAN 1 Ujanmas


Kaganga.com, Muara Enim - Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) terus berlanjut, kali ini yang didatangi SMA Negeri 1 Ujan Mas. Di sekolah terletak di Desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas itu, kegiatan ini langsung dikomandoi Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano SH MH. Turut pula mendampingi Kasi Intelijen Abu Nawas SH beserta staf Kejari lainnya.

Dalam program tersebut, Adhyaksa, menjelaskan bahwa JMS merupakan nawacita Presiden RI dan Jaksa Agung di bidang intelijen. Dirinya menyebut, di SMA Negeri 1 Ujan Mas, siswa diberi penyuluhan tentang hukum dengan materi penyalahgunaan narkotika dan cyber bullying, yakni perbuatan mengasari orang dengan tujuan ingin menunjukkan kekuatan.

“Kejaksaan merupakan sahabat masyarakat, jadi akan selalu ada untuk masyarakat. dan kali ini kita bersama ada di sekolah ini untuk mengetahui seperti apa hukum itu,” ungkap Adhyaksa, saat menjadi pembicara, dalam program JMS, berlangsung di aula sekolah setempat.

Dengan kegiatan itu, Adhyaksa juga turut berharap siswa akan semakin mendapat wawasan tentang hukum, sehingga tidak melakukan perbuatan yang dapat terjerat hukum.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Ujan Mas, Penderizal SPd, mengaku menyambut baik program JMS. Kegiatan tersebut, menurutnya, dapat mengantisipasi para pelajar di sekolahnya tersangkut atau melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Penerapan bidang hukum sejak dini diharapkan akan berpengaruh pada perkembangan moral peserta didik ke arah positif. Sehingga siswa mampu menjadi generasi penerus bangsa yang selalu berjalan dalam koridor peraturan hukum yang berlaku,” ucapnya.
Lebih dari itu, program JMS, sangat baik dan bermanfaat bagi anak didiknya. “Dengan belajar hukum mulai dari sekarang tentunya anak-anak bisa mengenal mana tindakan yang berakibat hukuman. Dan setidaknya dasar awal tentang hukum sudah diketahui,” ucap dia, seraya menyebut bahwa kegiatan ini diikuti siswa kelas X sampai XII.

Penulis : LPM IV
Editor : Roy JM

Tag : Pendidikan

Komentar