23 Mar 2022 17:40

Bersama Cambridge University, My School Janjikan Siswa Siswa Mendapatkan Pembelajaran Berkualitas In

Bersama Cambridge University, My School Janjikan Siswa Siswa Mendapatkan Pembelajaran Berkualitas In

Kaganga.com,Palembang - Tingkatkan Kualitas Sekolah dan Guru, My School MoU dengan Cambridge University Press Rabu, 23 Maret 2022 di Multi Function Room Graha Edukasi My School di Jalan MP Mangkunegara Simpang Patal Kenten Palembang. My School Palembang telah menandatangani MoU dengan Cambridge University Press and Assesment. Penandatanganan ini adalah bentuk komitmen kerjasama antara My School dan Cambridge University untuk menghadirkan pembelajaran berkualitas internasional di My School yang bisa diakses oleh masyarakat kota Palembang.

Guru dan siswa akan dilatih dan ditrainning dengan standar internasional Cambridge. Yang disediakan oleh Cambridge University adalah mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, pelatihan dasar dan lanjutan guru hingga ujian dan sertifikasi siswa dan guru. 

Setiap orang tua pasti ingin anaknya untuk belajar di sekolah yang berkualitas agar mereka dapat mempersiapkan masa depannya dengan baik. Oleh karena itu, tidak boleh asal dalam memilih sekolah bagi anak-anak kita. Bagi orang tua yang menginginkan anaknya bersekolah di sekolah Internasional, mungkin pernah mendengar tentang Cambridge International School sebagai sekolah Internasional dengan kurikulum terbaik di dunia.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.000 sekolah Internasional tersebar di 160 negara di dunia yang telah menerapkan kurikulum ini dan menjadi salah satu dari sekolah Internasional Cambridge. Hal ini menjadi kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya. Di Indonesia sendiri ada hingga 219 sekolah yang mendaftarkan sebagai salah satu bagian dari sekolah Internasional dengan menggunakan kurikulum Cambridge. 

Jadi secara umum, Sekolah Internasional Cambridge merupakan sekolah-sekolah Internasional yang menerapkan kurikulum Cambridge di sekolahnya. Berbeda dengan kurikulum biasanya yang ditetapkan di Indonesia, seperti KTSP dan Kurikulum 2013, kurikulum Cambridge lebih mempersiapkan siswanya untuk siap bersaing secara global. Penerapan kurikulum Cambridge di Indonesia tidak serta merta langsung diterapkan begitu saja.

Namun, dengan mengintegrasikan dengan aspek lokal agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan di Indonesia. Beberapa sekolah juga ada yang menyatukan kurikulum Cambridge dengan kurikulum nasional agar aspek dan budaya lokal tidak hilang. Sekolah Internasional Cambridge di Indonesia tidak hanya berasal dari sekolah umum saja, bahkan sekolah berbasis keagamaan pun juga ada yang menerapkan kurikulum Cambridge. Kurikulum Cambridge sendiri secara global memiliki 4 jenjang pembelajaran atau disebut dengan Cambridge Pathway. Hal tersebut digunakan agar dapat mengukur kemampuan yang dimiliki oleh siswa berdasarkan umurnya serta penentuan materi pembelajarannya disesuaikan dengan usia serta kemampuan atau daya tangkap mereka. 

Jenjang tersebut antara lain: 

1. Cambridge Primary : Ini merupakan jenjang paling awal dan dikhususkan untuk anak yang berumur antara 5 hingga 11 tahun. 

2. Cambridge Lower Secondary : Pengelompokan jenjang kedua ini berdasarkan pada umur yang dimiliki anak yaitu antara 11 sampai 14 tahun. 

3. Cambridge Upper Secondary : Sama halnya dengan tingkatan SMP, jenjang menengah ini khusus untuk anak dengan usia 14 hingga 16 tahun. 

4. Cambridge Advanced : Ini merupakan jenjang tertinggi yaitu untuk anak yang berumur antara 16 sampai 19 tahun. 

Sistem pembelajaran yang digunakan pada sekolah yang menerapkan kurikulum Cambridge tidak sama dengan kurikulum biasa yang ditetapkan di Indonesia. Pasalnya, kurikulum Cambridge lebih menekankan pada minat siswa. Jadi, siswa dibebaskan untuk belajar mata pelajaran yang disukainya. Misalnya, jika anak suka belajar fisika, tetapi dia tidak suka sejarah, maka dia tidak harus belajar sejarah. Ia hanya harus belajar mendalam tentang pelajaran kesukaannya yaitu fisika agar kemampuan di bidang yang disukainya maksimal, jadi Sekolah tidak hanya berfokus pada nilai saja, namun lebih berfokus pada proses pembelajaran itu sendiri, sehingga siswa harus benar-benar serius.

Penulis : Ines Alkourni

Tag : My School Cambridge University

Komentar