21 Jan 2021 20:00

CSR PLN, Gubernur Resmikan Pojok Baca Digital

CSR PLN, Gubernur Resmikan Pojok Baca Digital

Kaganga.com, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru secara langsung meresmikan Pojok Baca Digital Sungai Ijuk dinas perpustakaan provinsi Sumsel yang berada di jalan mayjen Yusuf Singadekane sungai ijuk kelurahan keramasan kecamatan kertapati Palembang, Kamis (21/1/2021).  

Peresmian Pojok Baca Digital Sungai Ijuk tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan sirene yang dilakukan oleh Gubenur Sumsel, H Herman Deru serta didampingi GM PLN WS2Jb, Daryono, Ketua Pelaksana sekaligus Manager PT Pura Daya Prima, Tatang Kusmana dan juga Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Fitriana. 

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi acara peresmian Pojok Baca Digital Sungai Ijuk karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat Sumsel khususnya warga di sungai ijuk.

"Saya sangat mengapresiasi hal ini, langkah kecil ini untuk menuju hal yang besar," katanya 

Lanjutnya, dirinya juga mengapresiasi PT Pura Daya Prima yang merupakan anak perusahaan PLN WS2JB.

"PT Pura Daya Prima ini sangat berkontribusi dalam kegiatan ini karena mereka menghibahkan tanah dan bangunan untuk dijadikan Pondok Baca Digital," ujar Deru. 

Deru menjelaskan, dengan adanya pondok baca digital ini dapat memantik dan meningkatkan minat baca pada masyarakat Provinsi Sumsel pada umumnya dan secara khusus untuk warga sungai ijuk.

"Buku adalah jendela dunia, artinya dengan membaca buku kita dapat mengetahui apa yang ada di dunia secara umumnya. Selain itu, membaca dan belajar ini juga dapat memberantas kemiskinan dan kebodohan karena dengan membaca dan belajar ini dapat meningkatkan kecerdasan," jelasnya. 

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya berharap pojok baca digital ini juga ada di titik-titik atau di tempat-tempat umum yang lain seperti di Monpera, Bandara, kantor dan tempat-tempat yang strategis lainnya.

"Semua masyarakat membutuhkan hal seperti ini jadi tidak ada bedanya antara masyarakat seberang ulu dengan masyarakat seberang Ilir. Artinya semuanya sama, membutuhkan pelayanan untuk dapat belajar dan membaca," ungkap Deru. 

Ketua Pelaksana sekaligus Manager PT Pura Daya Prima, Tatang Kusmana mengatakan, untuk mensukseskan acara Pondok Baca Digital ini pihaknya menghibahkan tanah dan bangunan.

"Ya kami yang merupakan anak perusahaan dari PLN WS2JB memberikan hibah tanah dan bangunan untuk adanya pondok baca digital di sungai ijuk," katanya. 

Pihaknya mendukung kegiatan ini untuk ikut berperan dalam meningkatkan minat baca dan juga meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten.

"Kita berharap Pojok Baca Digital ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pusat kegiatan yang dapat membantu meningkatkan ilmu pengetahuan, inovasi dan keterampilan," ujar Tatang. 

GM PLN WS2Jb, Daryono mengatakan, dengan adanya pojok baca digital ini dapat menjadi sarana untuk mengakses ilmu pengetahuan baik dengan membaca buku maupun dengan digital.

"Ya, semoga ini merupakan awal munculnya fasilitas-fasilitas serupa di berbagai daerah lain," katanya seraya menambahkan hal ini untuk mendukung program Gubernur Sumsel dalam memberantas kemiskinan dan kebodohan di Provinsi Sumsel sesuai dengan visi misinya.

Penulis : Reza Mardiansyah
Editor : Achmad Fadhil

Tag : PT PLN Pemprov Sumsel

Komentar