26 Feb 2017 21:35 | 170

Disdik Bakal Ajukan Rekrutmen Guru PNS

Disdik Bakal Ajukan Rekrutmen Guru PNS

Kaganga.com, Palembang - Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) berencana akan mengajukan pengadaan rekrutmen guru berstatsu Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada akhir 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumsel, Widodo, menegaskan, kondisi dilatar belakangi karena dari kondisi di lapangan SMK lebih banyak kekurangan guru produktif dibandingkan Sekokah Menengah Atas (SMA) yang mencapai ribuan. "Sumsel banyak kekurangan guru produktif seperti bidang teknik sepeda motor, teknik mesin, tata boga, perhotelan, bisnis dan bidang kejuruan keahlian lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka kita akan mengajukan pengadaan rekruitmen calon guru PNS bidang keahlian SMK pada akhir 2017," kata Widodo, kemarin.

Untuk jumlah secara detil pihaknya belum bisa dipastikan sebab masih dalam proses pemetaan jumlah guru produktif yang dibutuhkan. Jadi belum ada angka pasti pengajuan jumlah calon guru PNS untuk SMK tersebut. "Namun sebagai bayangan saja, kalau satu sekolah butuh dua guru saja dan dikalikan dengan total SMKN di Sumsel yang berjumlah 103 maka paling tidak yang kita ajukan sebanyak 206 orang," paparnya.

Awalnya ada beberapa opsi yang dimilikinya sebagai jalan untuk mengatasi kekurangan guru produktif di Sumsel salah satunya dengan memanfaatkan secara maksimal realiasi program dari Kemdikbud melalui program alih fungsi guru ataupun dengan jalan menarik guru PNS yang diperbantukan (DP) di SMK swasta. "Tapi karena ada larangan dari Kemendikbud untuk penarikan guru PNS DP, maka opsi yang bakal kami ambil adalah dengan mengajukan pengadaan rekruitmen guru," tegasnya.

Penulis : Roy JM
Editor : Roy JM

Tag : Guru

Komentar