10 Sep 2015 16:10

DPD Harus Bermanfaat Untuk Daerah

DPD Harus Bermanfaat Untuk Daerah

 

Kaganga.com, Palembang - Keberadaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus tepat dan bermanfaat untuk daerah, bangsa dan negara, Demikian diungkapkan Wadek II Unsri Fakultas Hukum Unsri Dr.Ridwan.SH.M.Hum saat menjadi pemateri pada Seminar Nasional Bertajuk "Penataan Kewenangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam rangka Penataan Sistem Ketatanegaraan Indonesia" di Grand Ballroom Hotel Aryaduta Palembang. Kamis (10/09/2015)

"DPD memang harus menunjukan jati dirinya bahwa memang bermanfaat bagi bangsa , daerah dan negara sesuai dengan karakteristik yang ada pada diri anggota DPD," jelasnya.

Lanjutnya, DPD juga harus mempunyai karakteristik meliputi beberapa pemahaman akan  wewenang hak dan kewajiban, kompleksitas daerah yang diwakili, sensitifitas terhadap tuntunan dan kondisi daerah dan DPD sebagai jembatan Kepentingan daerah dan pusat termasuk sumber daya alam.

 

Seminar ini sendiri di gelar oleh Universitas Sriwijaya (UNSRI) bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Seminar ini dihadiri oleh Ketua Badan Pengkajian MPR Dr.H Bambang Sadono. SH.MH, Kepala biro keuangan MPR sekretariat Jendral I MPR Suryani, SH. MH, Wakil Rektor I UNSRI Prof.Dr.Insinyur Anis Saggaf Msc.

Didalam seminar ini, ketua badan pengkajian MPR Dr.H Bambang Sadono.SH.MH membagi 5 Kelompok bahasan yakni, membahas tentang penegasan pancasila UUD, Penguatan sistem demokrasi Pancasila, Penguatan sistem tata hukum, Penguatan sistem presidential lembaga MPR, dan penguatan wewenang DPD serta penataan wewenang komisi yudisial.

"Mudah-mudahan bukan hanya dari narasumber tapi juga dari para mahasiswa  yang nantinya akan muncul gagasan jernih, cemerlang dan argumentatif, selain itu juga bisa menghasilkan rumusan rekomendasi yang beragam bagi penataan tata negara kita kedepan," harapnya.

Seminar Nasional ini juga sebagai kegiatan Diesnatalis Universitas Sriwijaya Palembang untuk menambah wawasan, ide dan motivasi mereka tentang pengelolaan sumber daya alam melalaui DPD. (Agus/Rizal)

Penulis : Achmad Kardo
Editor : Riki Okta Putra

Tag : UNSRI MPR DPD

Komentar