8 Mei 2017 20:10 | 49

Dua Desa Dapat Bantuan Komputer

Dua Desa Dapat Bantuan Komputer

Kaganga.com, Muara Enim - Coca Cola Foundation memberikan bantuan masing-masing tiga unit komputer untuk dua perpusataan desa di Kabupaten Muara Enim. Kedua perpustakaan desa penerima bantuan tersebut yakni Desa Sumaja Makmur dan Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang.

Penyerahan bantuan komputer secara simbolis diberikan oleh perwakilan Coca Cola Foundation kepada Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman, bersamaan dengan pembukaan kegiatan Story Telling pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca bagi siswa TK, SD, SMP dan SMA, di Hotel Griya Serasan Sekundang, kemarin (8/5).

Wakil Bupati Muara Enim, H Nurul Aman mengatakan bahwa bantuan komputer dari Coca Cola Foundation kepada perpustakaan desa di Kabupaten Muara Enim melalui program Perpustakaan Seru (Perpuseru) diharap dapat menarik minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan desa. Dengan demikian, minat membaca turut pula ikut meningkat.

“Pengembangan budaya baca harus pula disertai dengan kelengkapan sarana prasarana, seperti halnya komputer ini,” ungkapnya. Melalui bantuan komputer tersebut, diharapkan juga dapat memperluas transformasi perpustakaan desa untuk pengembangan sumber daya manusia berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

“Semoga bantuan komputer ke depan dapat berkelanjutan. Sehingga perpusatakaan di desa-desa semakin berkembang,” tukasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim, Maryana mengatakan bahwa pengembangan perpustakaan desa sudah dari tahun sebelumnya dibantu Coca Cola Foundation.

“Sebelumnya ada empat perpustakaan desa yang mendapatkan bantuan komputer seperti ini,” jelasnya. Keempat desa itu adalah Desa Plakat Kecamatan Semende Darat Ulu, Desa Ujan Mas Lama Kecamatan Ujan Mas, Desa Lebak Budi Kecamatan Tanjung Agung dan Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul.

Di sisi lain, lomba story telling bagi pelajar tingkat TK hingga SMA sederajat digelar guna menumbuhkembangkan semangat dan memberikan motivasi membaca di sekolah bagi siswa.

“Adapun lomba yang digelar selama tiga hari, 8-10 Mei 2017 ini diikuti sebanyak 1.920 peserta. Dengan rincian TK dan SD masing-masing 320 peserta, sedangkan SMP dan SMA sederajat masing-masing 640 peserta,” urainya.

Penulis : LPM IV
Editor : Roy JM

Tag : Pendidikan

Komentar