22 Ags 2016 19:55

Guru Berkompeten Bina Langsung Mahasiswa PPL

Guru Berkompeten Bina Langsung Mahasiswa PPL

Kaganga.com, Palembang - 12 mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) Universitas Sriwijaya (Unsri) jurusan pendidikan teknik mesin yang praktik di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) Sumatera Selatan (Sumsel), di didik langsung kepala sekolah dan guru pamong yang berkompeten.

Dikatakan, Kepala SMKN Sumsel Rafli dengan adanya mahasiswa yang peraktek pengalaman lapangan pihaknnya menerima dan membimbing mahasiswa deengan senang hati di tempatnya. Selama 8 minggu kedepan, pihaknya akan membimbing 12 mahasiswa Unsri itu, untuk mendapatkan pengalaman di lapangan, dari teknik penyusunan perangkat mengajar maupun teknik cara mengajar siswa dengan baik dan benar.

" kita berikan pengarahan serta pembagian tugas di SMKN Sumsel. Ada beberapa program yang harus mereka lakukan,diantaranya menyusun rancangan perangkat pembelajaran (RPP), observasi dan orientasi, pelatihan terbimbing, pelatihan mandiri dan ujian praktek mngajar selama 8 minggu," kata, Rafli usai memberikan arahan kepada mahasiswa PPL Unsri di SMKN Sumsel, Senin (22/08).

Dalam penilaiaannya nanti menggunakan format penilaian. Tambahnya, menggunakan instrumen penilaian kemampuan guru yang diuji oleh guru pamong dan membuat laporan selama pelatihan atau PPL dan setiap laporan mahasiswa akan diperiksa oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Mereka juga diajarkan rumus memberikan penilaian terhadap siswa yang mereka ajari, namun penilaiannya masih dipegang oleh guru yang mengajarnya.

“Jadi mereka hanya sebatas proses kegiatan belajar mengajar dari pukul 08.00 - 16.00 wib dan kegiatan ini berakhir pada tanggal 28 September 2016," pungkasnya.

Penulis : B Kurniadi
Editor : Riki Okta Putra

Tag : PPL Unsri SMKN Sumsel

Komentar