13 Mar 2018 16:30 | 86

Kuota Paskibraka Muara Enim Bertambah

Kuota Paskibraka Muara Enim Bertambah

Kaganga.com, Muara ENim - Sebanyak 120 siswa SMA/SMK/MA negeri se Kabupaten Muara Enim mengikuti seleksi paskukan pengibar bendera (Paskibraka) Kabupaten Muara Enim yang akan bertugas pada upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.
Seleksi digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) di Gedung Olahraga Pancasila, Kota Muara Enim, Selasa (13/3).
Dari jumlah 120 siswa tersebut, 4 siswa terbaik dan memenuhi kriteria akan dikirimkan ke seleksi tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada April mendatang. Sementara 50 siswa lainnya akan dipilih untuk jadi bagian dari Paskibraka Kabupaten Muara Enim.
"Jumlah siswa yang siap dijaring totalnya 54 siswa, 4 siswa untuk mewakili tingkat provinsi dan 50 untuk tingkat Kabupaten,"kata Staf Ahli Bidang Kemasyaratakan dan SDM Pemkab Muara Enim, Panca Surya Diharta disela pembukaan kegiatan seleksi.
Menurutnya, jumlah siswa yang direkrut menjadi paskibraka tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu. Sebab ditahun 2017 lalu akibat dampak pemangkasan anggaran, kuota paskibraka Muara Enim hanya berjumlah 25 siswa.
"Tahun ini anggaran kembali normal sehingga kuota kita tambah, jadi dipastikan para siswa yang bertugas upacara waktu pagi dan sore nanti akan berbeda, karena dibuat dua tim,"paparnya
Sementara Plt Kepala Dinas Disporaparbud Kabupaten Muara Enim, Febriansyah menyambut baik dengan bertambahnya jumlah Kuota anggota paskibraka Muara Enim. Menurutnya hal ini dapat menambah kesempatan putra-putra Bumi Serasan sekudang untuk menjadi pasukan pengibar tingkat provinsi maupun Kabupaten.
"Menjadi paskibraka cukup membanggakan bagi siswa dan keluarganya, kita ingin mereka semakin termotivasi karena kesempatan bertambah besar dengan ditambahnya kuota personil,"jelasnya
Untuk itu, Febriansyah juga mengajak kepada siswa yang mengikuti seleksi agar bersungguh-sungguh. Dia ingin siswa yang lolos bukan cuma mahir baris-berbaris, namun juga memiliki jiwa pemimpin yang disiplin beretika dan cinta tanah air.
"Program dalam pembinaan paskibraka banyak manfaat bagi pemuda, seluruh siswa yang mengikuti seleksi akan digembleng selama 4 hari oleh instruktur yang kita siapkan, mereka juga tak diperkenankan memagang handphone mulai pagi sampai sore selama masa seleksi,"pungkasnya‎.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Paskibraka Muara Enim

Komentar