7 Mei 2018 09:50 | 28

Langganan Prestasi, Sering Diundang Isi Acara

Langganan Prestasi, Sering Diundang Isi Acara


Marching Band SDN 26 Lawang Kidul

Kaganga.com, Muara Enim - Marching band menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan di SD Negeri 26 Lawang Kidul. Selain sering diundang untuk mengisi acara memperingati hari-hari besar nasional, marching band dengan nama ‘Mandala Prima’ tersebut langganan meraih prestasi di berbagai even lomba, tidak hanya di tingkat kabupaten, namun juga tingkat provinsi.
Di bawah kepelatihan Kriswanto Lubay, drum band beranggotakan 62 siswa itu, pekan lalu memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke-110 tahun 2018, di Lapangan Merdeka Kota Muara Enim.
Disaksikan oleh ratusan pasang mata, Dram Band Mandala Prima tampil percaya diri, dan berhasil memukau peserta upacara serta tamu undangan yang hadir.
Saat itu, drum band dengan mayoret Tasya Meiza Putri tersebut tampil membawakan tujuh lagu. Di antaranya lagu nasional Maju Tak Gentar dan Bangun Pemuda Pemudi. Kemudian lagu daerah dengan judul Yaa Saman, Ribang Kemambang, Ampar-ampar Pisang serta Yamko Rambe Yamko yang merupakan lagu daerah Papua. Selanjutnya ditutup dengan lagu dangdut “Jaran Goyang”.
Kepala SD Negeri 26 Lawang Kidul, Rustiawati SPd menjelaskan, Marching Band Mandala Prima terbentuk sejak 2011. Ekstrakurikuler ini dilahirkan guna membangun kreativitas anak didiknya. “Alhamdulillah, sejak dibentuk sampai sekarang marching band sekolah kita sering diundang pemerintah, dan telah banyak menorehkan prestasi,” jelasnya.
Rustiawati membeberkan, personil marching band ini sebanyak 62 orang terdiri dari 5 orang snar drum, 5 bass drum, 10 marching bell, 2 kuarto, 4 simbal, 25 pianika serta 10 orang flag dan 1 mayoret.
Adapun prestasi yang pernah diraih di antaranya, juara II Pusri Open tingkat provinsi, dan juara umum I secara berturut-turut selama tiga tahun (2013-2015) ajang Bupati Cup Lahat. “Saat ini tim marching band terus berlatih mempersiapkan diri supaya saat ada perlombaan siap mengikuti, dan harapnnya kembali mencetak prestasi,” ulasnya.
Sementara itu, Tasya, salah satu anggota Marching Band Mandala Prima mengaku senang mengikuti ekstrakurikuler ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif untuk mengasah kreativitas di bidang seni. “Kita juga senang karena sering tampil dihadapan pejabat, dan ikut lomba ke luar daerah,” ucapnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Marching Band

Komentar