20 Mei 2019 17:05

Mau Piagam Bintang BBPOM, Sekolah Wajib Hadirkan Kantin Makanan Sehat

Mau Piagam Bintang BBPOM, Sekolah Wajib Hadirkan Kantin Makanan Sehat

Kaganga.com, Muara Enim - Sebanyak 72 sekolah tersebar di Kabupaten Muara Enim bersaing merebut piagam bintang keamanan pangan dari Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) kota Palembang.

Piagam tersebut hanya diberikan kepada sekolah yang berhasil menghadirkan kantin yang menyajikan makanan sehat, bergizi serta aman.

Balai Besar BPOM Kota Palembang menggelar bimbingan teknis (bimtek) Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang digelar di Balroom Hotel Griya Sintesa, kota Muara Enim, Senin (20/5). Bimtek dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah.

Kepala Balai Besar BPOM Kota Palembang, Harda Ningsi mengatakan piagam bintang akan dihadirkan untuk memotivasi sekolah-sekolah, supaya hanya menyajikan makanan-makanan sehat serta aman bagi anak-anak ataupun pelajar.

"Tentu saja sekolah harus memenuhi syaratnya yakni dari aspek kesehatannya baik, brgizi dan aman. Pangan tersebut dijual bersih maupun higienis dikantin maupun pedagang disekeliling sekolah,"kata Harda.

Saat ini BBPOM, lanjutnya diberi tugas mengawasi dan mensosialisasikan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di 989 sekolah di Sumsel."kebetulan di Muara Enim mendapat kesempatan 72 sekolah terdiri SD 46 sekolah, SMP 16 sekolah serta SMA 11 sekolah,"ucapnya.

Menurutnya, pengan dan jajanan anak di sekolah sangat penting mendapat perhatian. Karena anak mendapat energi dan kecerdasan dari pangan tersebut. Dia pun meminta supaya sekolah segera membentuk tim keamanan pangan yang tugasnya menyelenggarakan kegiatan keamanan pangan di sekolah.

"Pastinya dukungan support dari pemerintah daerah sangat diperlukan, terutama kelanjutam program ini, program juga dapat diteruskan oleh dinas pendidikan dan kesehatan setempat,"urainya.

Sementara Wakil Bupati H Juarsah menegaskan siap mendukung langkah BBPOM yang ingin memastikan jajanan anak sekolah di Sumsel termasuk Kabupaten Muara Enim sehat dan aman.

"Pemkab Muara Enim sangat mendukung terciptanya keamanan pangan untuk kantin sekolah, diharapkan bimtek ini menjadikan sekolah menetapkan prinsip dasar keamanan pangan untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas atau sesuai visi Merakyat,"pungkasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Kantin Sekolah BPOM

Komentar