17 Mei 2019 17:50

Mau Sekolah Di SMA 1 Ujan Mas, Calon Siswa Dites Baca Al Quran

Mau Sekolah Di SMA 1 Ujan Mas, Calon Siswa Dites Baca Al Quran

Kaganga.com, Muara Enim - Calon siswa yang akan masuk ke SMA Negeri 1 Ujan Mas tahun akademik 2019/2020, akan menjalani tes membaca Al Quran. Meski tidak menjadi penentu diterima atau tidaknya calon siswa itu, namun tes baca Al Quran dilakukan sebagai bentuk sekolah mendukung terwujudnya visi Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera.
“Selain wajib mengikuti tes tertulis dan serangkaian tes lainnya. Calon siswa yang akan masuk ke sekolah ini juga akan diuji secara langsung membaca Al Quran oleh guru agama pada saat pendaftaran. Ini merupakan bentuk kita mendukung terwujudnya visi Muara Enim terutama Agamis,” jelas Kepala SMA Negeri 1 Ujan Mas, Penderizal Spd MM, Jumat (17/5).
Apalagi, sambung Penderizal, setiap pagi sekitar 10 menit sebelum proses belajar mengajar dimulai. Sekolah mengadakan tadarus Al Quran. Dengan proses tes baca Al Quran itu, akan diketahui siapa saja yang belum bisa membaca Al Quran. Dengan begitu, sekolah akan lebih mudah mengetahui anak didik yang tidak bisa baca Al Quran. Kemudian, mereka bisa lebih intensif mendapat pendidikan baca Al Quran dari guru agama.
“Karena kita ingin memberantas buta baca Al Quran. Selain itu, tes ini juga sesuai dengan visi misi sekolah, yakni mempunyai budi pekerti yang luhur,” bebernya.
Di sisi lain, dijelaskannya pula, bahwa SMA Negeri 1 Ujan Mas pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019/2020 bakal menampung siswa sebanyak 252 orang, sesuai dengan jumlah siswa kelas XII yang lulus. “Kita siapkan tujuh kelas untuk siswa baru ini,” tuturnya.
Sesuai dengan zonasi, SMA Negeri 1 Ujan Mas bakal menampung siswa yang bertempat tinggal di sekitar sekolah atau lulusan dari enam SMP, seperti SMP Negeri 1 Ujan Mas, SMP Negeri 5 Gunung Megang, SMP Negeri 1 Benakat, SMP Abdi Persada, SMP Pandetenasia Cifu, dan SMP YPDP Lubuk Bata. “Sesuai dengan Juknis Dinas Pendidikan Provinsi, pendaftaran mulai dibuka pada 14-19 Mei 2019,” ulasnya.
Setelah itu, pada 25 Mei dilakukan tes tertulis. Sedangkan pengumuman hasil seleksi dilaksanakan tanggal 28 Mei. “Bagi siswa yang lulus wajib daftar ulang pada tanggal 29 sampai 31 Mei 2019,” tukasnya.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : SMA 1 Ujan Mas

Komentar