29 Ags 2020 15:00

Menarik, Iuran Sekolah TK Junjung Birru Cukup Bayar dengan Sampah 

Menarik, Iuran Sekolah TK Junjung Birru Cukup Bayar dengan Sampah 

Kaganga.com, Palembang - Melihat nuasa yang menarik tentunya mata langsung tertuju, seperti di dinding depan Taman Kanak-Kanak (TK) Junjung Birru Palembang yang terdapat mural yang indah. Terletak di Jalan Demak 2 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1, sekolah bagi anak-anak berusia balita itu memiliki daya tarik tersendiri. 

Meski tak asing ketika berkunjung ke sekolah anak-anak yang ceria dengan cat warna-warni. Ternyata lukisan awan biru menggelap, pepohonan hijau dan burung-burung berwarna putih yang hinggap di ranting serta beberapa sampah menempel, menonjolkan makna lingkungan Indonesia saat ini. 

"Walaupun gambar alam, tapi awannya agak gelap. Menunjukkan keadaan kita karena faktor karhutlah alam jadi rusak. Kemudian ada sampah yang menempel, artinya lestari kita sudah banyak dipenuhi sampah berserakan," kata Syalfitri, pemilik TK Junjung Birru Palembang. 

Menurutnya, dari mural yang terpampang di dinding depan sekolah, menjadi wadah edukasi terhadap anak didiknya untuk disiplin menjaga lestari tetap bersih dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan dapat terkontaminasi. 

Bahkan, bagi wanita paruh baya itu, upaya mendidik anak-anak mencintai sampah. Ia mempunyai sistem berbeda membangun TK Junjung Birru Palembang.

Hanya bayar iuran sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan sampah, wali murid sudah bisa menyekolahkan sang anak di sana. 

"Tidak perlu bayar uang, hanya mengumpulkan sampah kasih ke kami. Mereka sudah bisa sekolah. Karena sampah yang bernilai bisa jadi alat belajar mereka," terangnya 

Lulusan sarjana ekonomi ini menyampaikan, TK yang berdiri sejak 2007 ternyata baru menerapkan sistem bayar SPP pakai sampah pada tahun 2013. Setelah dirinya gigih dan gencar mencanangkan kebersihan Kota Palembang terbebas dari sampah. 

"Saya itu risih liat sampah dimana-mana, kalau ada yang buang sampah pasti saya kejar sampai dapet," pungkasnya.

Penulis : Ines Alkourni
Editor : Achmad Fadhil

Tag : Pendidikan TK Junjung Birru

Komentar