6 Mar 2018 15:30 | 150

Orang Tua Jangan Terbius Sekolah Gratis

Orang Tua Jangan Terbius Sekolah Gratis

Kaganga.com, Muara Enim - Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Sartimin, meminta para orang tua jangan terbius lagi dengan isu sekolah gratis. Sartimin menegaskan pendidikan harus menjadi tanggung jawab sepenuhnya orang tua bukan cuma pemerintah.

Hal ini disampaikannya disela kegiatan rapat koordinasi dewan pendidikan Kabupaten Muara Enim bersama Komite sekolah, guru pengawas dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Muara Enim di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (6/3/2018). Rakor tersebut dibuka langsung oleh Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar.

Melalui rakor ini kita ingin menguatkan kembali gotong royong memajukan pendidikan, masyarakat beserta stakeholder diajak berkontrubusi meningkatkan mutu pendidikan, jadi orang tua jangan lagi terbius sekolah gratis karena semua memang harus keluar biaya,"kata Sartimin.

Menurutnya, saat ini pihak sekolah memang tak diperkenankan memungut biaya pendidikan dari orang tua. Namun pihak sekolah masih memerlukan biaya yang tak sedikit untuk menjalankan operasional sekolah sehari-hari.

Kalau mungut biaya tak dibolehkan, namun kalau orang tua mau menyumbang itu boleh, sangat dianjurkan,"jelasnya

Karena itu, Sartimin berharap para orang tua menyadari bidang pendidikan menjadi tanggung jawab bersama bukan cuma pemerintah. Dia ingin seluruh sekolah yang selama ini kekurangan biaya operasional dapat teratasi dengan bantuan orang tua.

Seperti di SMP Negeri 1 Bengkulu, beban listrik 13 juta perbulan itu dipikul orang tua murid, masyarakat disana betul-betul sudah menyadari pendidikan punya bersama, pendidikan tidak hanya dikelas-kelas saja,"paparnya

Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak pada Juni mendatang, Sartimin juga mengimbau para guru PNS dan kepala sekolah tidak terlibat politik praktis. "Ingat PNS harus menjaga netralitas, politik juga jangan dibawa-bawa kesekolah,"tegasnya

Sementara Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar saat membuka rakor menyampaikan apresiasi kepada stakeholder pendidikan yang berupaya menjadikan sekolah sebagai rumah prestasi bagi putra-putri Bumi Serasan Sekundang. Melalui agenda rakor, Bupati juga menginginkan menciptakan keputusan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di Muara enim.

Penulis : LPM IV
Editor : Riki Okta Putra

Tag : Sekolah Gratis Muzakir Sai Sohar

Komentar