8 Mei 2017 17:41 | 48

Pembentukan Karakter Dimulai Sejak Dini

Pembentukan Karakter Dimulai Sejak Dini

Kaganga.com, Muara Enim - Menjadikan satu bangsa menjadi besar dan dihargai memang bukan perkara mudah. Namun, hal tersebut bisa diwujudkan apabila disikapi serius dan dimulai sejak dini.

Pernyataan ini merupakan intisari dari pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr Muhajir Efendi yang dibacakan Buapti Muara Enim, Muzakir Sai Sohar dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Senin (8/5).

Disampaikannya, pembentukan karakter dimulai pada jenjang pendidikan dasar, lalu pada pendidikan lanjutan harus kondisif bagi peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

"Membekali diri dengan keterampilan dan keahlian berdaya saing tinggi dibutuhkan dunia di abad 21, karena dengan bekal ini sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak diantara negara maju yang lain di masa yang akan datang," ucap Bupati.

Saat ini, lanjut Bupati, diupayakan penyelarasan, penyatuan dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan. Pemanfaatan sumber belajar yang ada dikelas, lingkungan sekolah dan luar lingkungan sekolah.

"Dengan demikian keberadaan bangsa Indonesia ditengah bangsa lain lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat. Pada Hardiknas 2017 ini mari kita singsikan lengan baju guna menggerakan reformasi pendidikan nasional demi anak cucu kita," ungkap Bupati.

Penulis : LPM IV

Tag : Muara Enim Hardiknas

Komentar